Mandi Wajib? Inilah 5 Hal Yang Mengharuskan Kita Melakukannya

0
200
ilustrasi mandi wajib
ilustrasi mandi wajib

Elfatica.comMandi wajib, inilah 5 hal yang mengharuskan Anda melakukannya. Ya, mandi wajib adalah mandi yang harus dilakukan oleh seorang muslim atau umat Islam yang bertujuan untuk menghilangkan hadats besar. Hal ini juga dinamakan sebagai mandi junub atau janabah, yang mana jika kita sedang dalam hadats besar maka kita tidak sah untuk melakukan ibadah seperti sholat baik sholat wajib maupun sunnah.

ilustrasi mandi wajib
ilustrasi mandi wajib. image: internet

Nah untuk menyucikan badan kita kembali adalah dengan melakukan mandi besar. Sedangkan untuk tata cara melakukan mandi besar ini insya Allah akan kami ulas dalam artikel terpisah, namun yang jelas pelaksanaan mandi besar ini adalah dengan membasahi seluruh anggota badan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dan pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah hal-hal yang menyebabkan kita harus melaksanakan mandi besar agar suci dari hadats dan sah saat melakukan ibadah sholat.

5 Hal Yang Mengharuskan Kita Mandi Wajib

Seorang muslim diwajibkan untuk melakukan mandi besar jika ia telah melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Telah Keluar Mani

Seorang muslim diwajibkan melakukan mandi besar atau mandi wajib jika ia keluar mani baik karena perbuatan yang disengaja maupun tidak, dan dalam keadaan sadar maupun tidak. Perbuatan yang dilakukan secara tidak sadar ini contohnya adalah saat tidur.

Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda, “Air itu dari air.”

Selain itu juga terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib ra. bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, ”Bila air mani memancar, maka mandilah,” (HR. Abu Daud).

Maksudnya air yang pertama air untuk mandi, sedangkan air kedua karena keluar air mani. Sedangkan jika kita bermimpi basah namun ternyata tidak ada tanda bekas mani maka tidak diwajibkan mandi karena yang menentukan adalah keluar tidaknya air mani dan bukan mimpinya.

2. Hubungan Dari Suami Isteri

Dalam hal ini hubungan suami isteri sudah diwajibkan melakukan mandi wajib bagi keduanya, jika kedua kelamin sudah bersentuhan.

Dalam hal ini Rasulullah bersabda, “Bila dua kelamin bertemu maka telah wajib mandi.”

3. Wanita yang Selesai Nifas Atau Haid

Setiap wanita muslimah yang telah selesai haid atau menstruasi, atau selesai masa nifas setelah melahirkan maka wajib hukumnya untuk menyucikan diri dengan cara melakukan mandi wajib sehingga setelahnya ia dapat melakukan ibadah sebagaimana biasanya.

4. Mualaf atau Orang Yang Baru Masuk Islam

Setiap orang kafir yang baru masuk Islam maka wajib hukumnya untuk melaksanakan mandi wajib. Hal itu didasarkan pada apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika Tsumamah al-Hanafi masuk Islam. Dia diperintahkan untuk mandi dan shalat dua rakaat. Saat itu beliau bersabda,”Masuk islamnya saudaramu itu sangat baik.”

5. Seorang Muslim Meninggal Dunia

Menurut ijtima para ulama, seorang yang telah meninggal dunia maka diwajibkan untuk mandi wajib, dalam hal ini dimandikan sebelum disholatkan dan dikebumikan.

Demikianlah Sahabat Elfatica, 5 hal yang mengharuskan kita mandi wajib, dan memang harus dilakukan karena jika tidak maka ibadah sholat yang kita lakukan tidak sah hukumnya. Semoga bermanfaat.

Disarikan dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here