4 Manfaat Puasa Dari Segi Medis Yang Harus Anda Ketahui

0
43
ilustrasi manfaat puasa bagi kesehatan
ilustrasi manfaat puasa bagi kesehatan

Elfatica.comPuasa ternyata bermanfaat bagi Kesehatan, hal ini dapat dilihat dari kacamata medis. Umumnya puasa identik dengan menahan lapar dan dahaga dengan tujuan melaksanakan perintah Allah SWT baik puasa wajib maupun sunnah.

ilustrasi manfaat puasa bagi kesehatan
ilustrasi manfaat puasa bagi kesehatan

Nah itulah yang sebagian besar orang pahami, dimana pada saat berpuasa tersebut ada beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan seperti makan, minum, berhubungan suami-isteri dan sebagainya. Namun ternyata puasa juga mempunyai banyak sekali manfaat dari berbagai segi lho! Nah pada artikel ini akan diulas bagaimana manfaat dari berpuasa jika dilihat dari segi medis atau dunia kedokteran.

4 Manfaat Puasa Dilihat dari Segi Medis

Jika dilihat dari segi medis atau dunia kedokteran, paling tidak ada empat manfaat yang didapatkan oleh orang-orang yang berpuasa. Dan manfaat ini sangat besar bagi Kesehatan tubuh manusia yang melaksanakannya.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Pakistan Medical Association serta disarikan oleh Klik Dokter, puasa mnghasilkan berbagai manfaat diantaranya sebagai berikut:

  1. Terjadinya peningkatan sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.
  2. Kadar kolesterol baik mengalami peningkatan, sementara sebaliknya kolesterol jahat menurun termasuk trigliserida. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia. Jika terlalu banyak, trigliserida akan menumpuk pada bagian-bagian tubuh seperti dinding pembuluh darah dan hati. Efek penurunan kedua lemak jahat itu secara tidak langsung menurunkan potensi penyakit jantung koroner.
  3. Mengurangi berat badan, lemak tubuh, gula darah dan tekanan darah.
  4. Tingkat stres tubuh seseorang mengalami penurunan.

Besar sekali bukan manfaat berpuasa bagi Kesehatan badan kita? Oleh karena itu Rasulullah SAW selain membawa risalah untuk kita agar melaksanakan puasa Ramadhan yang wajib selama sebulan penuh, beliau juga menganjurkan kita untuk melaksanakan puasa-puasa sunnah seperti puasa senin – kamis, puasa ayyamul bidh atau puasa pertengahan bulan, puasa Arafah, puasa Tasu’a, dan yang lainnya. Ternyata selain kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, kita juga akan mendapatkan manfaat yang besar bagi Kesehatan kita.

Namun sahabat Elfatica harus tahu bahwa untuk orang-orang yang mengidap atau menderita penyakit tertentu seperti diabetes, jantung coroner, ginjal dan penyakit berat lainnya ada baiknya untuk berkonsultai dengan dokter atau tenaga Kesehatan saat akan melakukan ibadah puasa agar sesuai dan tidak membahayakan Kesehatan.

Disadur dari klikdokter.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here