Kapan Waktu Terbaik Untuk Shalat Dhuha? Inilah Penjelasannya

0
286
ilustrasi shalat dhuha
ilustrasi shalat dhuha

Elfatica.comKapan waktu terbaik untuk melaksanakan shalat Dhuha? Biasanya sahabat Elfatica melakukan shalat sunnah dhuha antara sesudah matahari terbit agak tinggi hingga waktu menjelang shalat dzuhur. Namun ternyata ada waktu terbaik dimana kita dapat melaksanakan shalat sunnah dhuha ini.

ilustrasi shalat dhuha
ilustrasi shalat dhuha. image: internet

Shalat Dhuha adalah salah satu shalat sunnah muakkad atau yang ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW untuk kita laksanakan secara rutin. Hal ini karenabanyak sekali manfaat dan juga pahala yang dapat kita raih jika melakukan ibadah sunnah ini, selengkapnya dapat sahabat baca di artikel Tahukah Anda 6 Keutamaan dan Pahala Shalat Dhuha? Inilah Penjelasan Lengkapnya berikut.

Waktu Terbaik Untuk Melaksanakan Shalat Dhuha

Setelah mengetahui betapa besar manfaat dan pahala yang dapat kita raih dari melaksanakan shalat sunnah dhuha ini, sekarang kita harus mengetahui waktu dan saat yang tepat atau terbaik dalam melaksanakan ibadah ini. Sebenarnya waktu untuk melaksanakan shalat dhuha lumayan lama, yaitu antara matahari terbit dan mulai naik sampai dengan waktu sebelum masuk shalat dzuhur.

Disebut Sholat Dhuha yakni karena sholat ini dikerjakan pada waktu Dhuha. Sedangkan waktu shalat duha adalah waktu pada saat matahari mulai naik kurang lebih tinggi 7 hasta atau juga sekitar 15 menit setelah matahari terbit (sekitar pukul 07.00 pagi) sampai menjelang zawal atau masuk waktu shalat dzuhur (sekitar pukul 11.15 siang) yang ditandai dengan tergelincirnya matahari ke barat, selagi belum masuk waktu terlarang untuk melakukan shalat.

Dan sebaiknya seseorang yang ingin melaksanakan shalat Dhuha agar mengakhirkan waktunya sampai sengatan terik matahari terasa panas. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Shalatnya orang-orang yang bertaubat adalah ketika anak unta mencari tempat yang teduh,” ( HR. Muslim 748). Dan ini biasanya terjadi menjelang zawal.

Jika dijabarkan sebagaimana waktu kita di Indonesia ini perkiraan waktu yang terbaik untuk melaksanakan shalat sunnah dhuha adalah antara jam 7 pagi atau kira-kira setelah matahari naik dari peraduannya setinggi tombak atau 7 hasta sampai dengan mau masuk shalat dzuhur. Sedangkan untuk jumlah rakaatnya adalah antara 2 rakaat paling sedikit sampai dengan 8 rakaat paling banyak, dimana jika shalat lebih dari 2 rakaat maka dilakukan dengan 2 rakaat salam.

Setelah mengetahui waktu dan juga keutamaan dari shalat sunnah dhuha ini, ayo sahabat Elfatica kita luangkan waktu untuk mengerjakannya secara rutin, tidak mengapa kalau kita melaksanakannya hanya 2 rakaat atau 4 rakaat saja dulu asalkan rutin apabila memang terkendala waktu untuk mulai beraktifitas. Yang penting dilakukan secara rtin, karena Allah menyukai ibadah yang dilakukan secara rutin atau kontinyu walaupun hanya sedikit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here