Inilah Rahasia Ibadah-ibadah Sunnah Yang di Cintai Allah SWT

0
240
ilustrasi ibadah sholat
ilustrasi ibadah sholat

Elfatica.comAllah SWT sangat menyukai ibadah-ibadah yang dilakukan oleh para hamba-Nya, baik ibadah wajib maupun sunnah. Dan Allah lebih menyukai amal perbuatan yang dilakukan secara rutin, walaupun sedikit dibandingkan ibadah-ibadah yang terlihat besar namun hanya dilakukan sekali waktu saja.

adv
ilustrasi ibadah sholat
ilustrasi ibadah sholat. image credits: shutterstock

Amalan dan perbuatan yang disukai oleh Allah adalah yang secara rutin dilakukan oleh pelakunya, meskipun jumlahnya sedikit. Hal ini berdasarkan hadits Aisyah r.a. bahwa ia bercerita,

“(Suatu kali) datang ke rumahku wanita dari Bani Asad. Tiba-tiba Rasulullah Saw masuk kepadaku, lalu bertanya, ‘Siapa ini?’ Aku berujar, ‘Ia seorang wanita yang tidak pernah tidur malam,’ menceritakan shalatnya, maka beliau bersabda, ‘Jangan lakukan itu! Hendaknya kalian melakukan amal-amal sesuai dengan kemampuan kalian; karena sesungguhnya Allah tidak akan bosan, sampai kalian bosan, dan agama yang paling disukai oleh Allah adalah yang dijalankan secara rutin oleh pelakunya’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hal ini juga sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik:

“(Suatu kali) Nabi masuk masjid, tiba-tiba beliau melihat ada tali yang dibentangkan di antara dua tiang. Beliau bertanya, ‘Tali apa ini?’ orang-orang di situ menjawab, ‘Itu milik Zainab, digunakan untuk shalat. Bila ia merasa malas atau hilang semangat, ia berpegang pada tali tersebut.’ Maka beliau bersabda, ‘Jangan begitu. Lepaskan tali itu. Hendaknya seseorang di antara kalian shalat sebatas semangatnya, lalu bila hilang semangat, hendaknya ia berhenti’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dan juga hadits yang ersumber dari Masruq berkata,

“Aku pernah berkata kepada Aisyah r.a. , ‘Amalan apa yang paling disukai oleh Rasulullah Saw?’ Aisyah r.a menjawab, ‘Yang rutin.’ Aku bertanya lagi, ‘Kapan beliau mulai bangun shalat malam?’ Aisyah menjawab, ‘Beliau bangun bila mendengar tukang teriak’.” (HR. Bukahri).

Nah dari dalil-dalil tersebut di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa Allah SWT mencintai amalan-amalan hamba-Nya yang:

  1. Dilakukan secara rutin walaupun sedikit
  2. DIlakukan sesuai dengan kemampuannya

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber: Kumpulan Shalat Sunah dan Keutamaannya/DR. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani/Darul Haq

Berita sebelumyaFlash Sale Ramadhan 2021 – Paket Buku Anak Media Shalih
Berita berikutnyaInilah Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here