Doa Anda Belum Terkabul? Janganlah Katakan Hal Ini

0
53
ilustrasi muslimah sedang berdoa
ilustrasi muslimah sedang berdoa

Elfatica.com – Kita sebagai umat Nabi Muhammad memang diperintahkan oleh Allah SWT untuk berdoa dan memohon hanya kepada-Nya segala apa yang kita inginkan. Dan Allah SWT sudah berjanji akan mengabulkan doa-doa para hamba-Nya. Namun kapan Allah akan mengabulkan doa-doa kita dan doa apa saja yang akan dikabulkan oleh Allah, hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya. Dan Allah SWT memiliki hak penuh untuk mengabulkan do akita atau tidak dan kapan waktu dikabulkannya.

ilustrasi muslimah sedang berdoa
ilustrasi muslimah sedang berdoa. image credits: tribunnews

Terkadang kita merasa sudah berdoa dengan sungguh-sungguh, sudah mengulang-ulang doa dan sering melakukannya, namun belum juga dikabulkan do akita. Bahkan banyak orang yang sampai mengatakan bahwa dia sudah berdoa namun Allah belum mau mengabulkan doanya. Bagaimanakah hal seperti itu, apakah diperbolehkan?

Ternyata perkataan dan kalimat yang mengatakan bahwa, “Aku sudah berdoa, namun Allah tidak juga atau belum juga mengabulkan doaku” ini adalah tidak boleh. Hal ini justru menjadi salah satu penyebab doa kita tidak dikabulkan oleh Allah SWT.

Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selagi ia tidak buru-buru. (Yakni jika) ia berkata, ‘Aku telah berdoa kepada Tuhanku, tapi doaku tidak dikabulkan’,” (HR. Al-Bukhari).

Dalam lafazh Muslim disebutkan, “Ditanyakan, ‘Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan minta agar doa segera dikabulkan?’ Rasulullah ﷺ bersabda, ‘(Yakni) hamba itu berkata, ‘Aku berdoa dan berdoa, tapi doaku tidak dikabulkan’,” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, kita haruslah berhati-hati dan selalu menjaga lisan kita. Jangan sampai kita mengatakan bahwa Allah tidak mengabulkan doa kita. Sebab, telah kita ketahui bisa jadi perkataan itu jadi penghambat doa kita untuk dikabulkan. Wallahu ‘alam.

sumber: mozaik islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here