Inilah Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

0
288
keutamaan shalat subuh berjamaah di masjid
ilustrasi sholat subuh berjamaah di masjid

Elfatica.comInilah keutamaan sholat subuh berjamaah di masjid. Sebagaimana kita ketahui bahwa waktu subuh adalah waktu yang berat untuk bangun pagi. Hal ini karena waktu tersebut kita biasanya masih terlelap tidur, cuaca yang dingin karena kabut dan embun yang mulai turun, serta memang godaan syetan yang mennahan untuk tidak bangun. Padahal ada banyak sekali keutamaan bagi siapa saja yang melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid.

adv

Inilah Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Berikut ini adalah keutamaan dan kebaikan yang akan kita peroleh jika kita rajin dan rutin melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid, sebagaimana disarikan dari berbagai sumber:

keutamaan shalat subuh berjamaah di masjid
ilustrasi sholat subuh berjamaah di masjid. image credits: fajar.co.id

1. Setiap Ayunan Langkah ke Masjid Adalah Pahala

Setiap ayunan langkahnya akan ditulis satu pahala kebaikan, dihapus darinya satu kesalahan dan akan diankat derajatnya satu tingkatan. Bahkan menunggu shalat subuh berjamaah merupakan karamah di jannah yang hanya Allah sajalah yang mengetahuinya.

Imam Al-Bukhari dan Muslim telah meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Barang siapa yang berangkat ke masjid pagi atau petang hari niscaya Allah akan menyiapkan baginya tempat singgah di Jannahnya setiap kali ia datang pagi dan petang.”

2. Apabila ia masuk masjid maka ia terhitung dalam shalat selama ia menunggu shalat.

3. Para malaikat akan memohonkan ampunan baginya dan mendoakannya.

4. Mendapatkan Pahala Yang Berkali Lipat

Apabila ia mengerjakan shalat berjamaah, maka akan di tulis baginya pahala sebanyak dua puluh lima atau dua puluh tujuh derajat.

5. Akan dituliskan baginya pahal-pahala kebaikan, dihapus darinya dosa-dosa dan diangkat derajatnya beberapa tingkat.

6. Mendapatkan Ganjaran Shalat Malam Sepanjang Waktu

Melaksanakan shalat shubuh dan shalat isya menjadi ujian tersendiri bagi sebagian orang. Seperti ujian pada umumnya, kedua shalat ini pun menjanjikan hadiah yang manis bagi manusia yang berhasil melaksanakannya.

“Barangsiapa yang melakukan shalat isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barangsiapa yang melakukan shalat shubuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu,” (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu).

7. Dibebaskan dari Sifat Orang Munafik

Ciri-ciri orang munafik tidak hanya bisa kita lihat dari ucapannya yang sering berbohong atau janjinya yang sering berkhianat. Tapi juga bisa kita lihat dari kesadarannya mendirikan shalat shubuh dan isya berjamaah.

“Tidak ada shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat shubuh dan isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas adzan untuk iqamat (shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan shalat (di masjid),” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah).

8. Akan Mendapat Cahaya Terang pada Hari Kiamat

Shalat shubuh yang kita laksanakan pada pagi buta memang menjadi ujian tersendiri. Gelap, dingin, ngantuk, dan godaan lainnya. Tapi tahukah Anda, justru kekuatan kita untuk menghalau berbagai kemalasan ini akan mendapat balasan setimpal di hari kiamat nanti. Allah akan memberikan cahaya yang sempurna bagi kita yang melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid.

Dari Buraidah al-Aslami Radhiyallahu Anhu dari Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat,” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

9. Berpeluang Mendapatkan Pahala Haji atau Umrah Bila Berzikir Hingga Terbitnya Matahari

Anda merasa kurang dan tidak berkecukupan? Impian umrah dan haji rasanya begitu sulit kita raih? Jangan berkecil hati dulu, Allah akan memberikan pahala setara dengan umrah dan haji untuk kita yang rutin berdoa dan melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid.

“Barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna,” (HR. Tirmidzi).

Demikianlah sahabat Elfatica keutamaan-keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita rajin dan istiqomah dalam melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid. Semoga dapat menjadi pemacu dan penyemangat kita dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Berita sebelumyaInilah Rahasia Ibadah-ibadah Sunnah Yang di Cintai Allah SWT
Berita berikutnyaInilah Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan dan Medis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here