Inilah 5 Ciri Bahwa Kita Mencintai Rasulullah, Cek Apakah Anda Termasuk?

0
46
mencintai rasulullah
mencintai rasulullah

Elfatica.com – Sebagai umat Islam kita diperintahkan untuk mencintai Rasulullah, Nabi Muhammad SAW. Hal ini karena selain Nabi Muhammad sebagai pesuruh Allah SWT yang telah menerangi dunia ini dengan syiar agama Islam dan mengangkat kita dari jaman jahiliyah, mencintai Nabi Muhammad SAW juga merupakan salah satu bukti sebagai umatnya dan berharap nanti akan mendapatkan syafa’atnya di hari akhir kelak.

mencintai rasulullah
mencintai rasulullah. image credits: islamindonesia

Namun sebagaimana cinta bukan hanya diucapkan di bibir saja, tetapi kita harus mempraktekkan dan mengaplikasikannya di keseharian kita, yaitu dengan cara menjalankan apa yang diperintahkannya dan menjauhi larangannya.

Untuk memperjelas apakah kita sudah termasuk salah satu pengikutnya yang mencintai Rasulullah SAW atau hanya mencintai di bibir saja, berikut ini adalah 5 ciri-ciri bahwa kita mencintai Rasulullah, yaitu:

  1. Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW

Jika kita mengaku mencintai Rasulullah, maka kita harus menjalankan sunnah Nabi. Semakin kita mencintai Sunnah, semakin kita akan mencoba untuk menerapkannya dalam kehidupan. Jika ada sesuatu yang dicontohkan Nabi maka kerjakanlah,namun jika ada sesuatu yang bertentangan dengan sunnah Nabi maka tinggalkanlah.

  1. Mempelajari Sirah Nabawiyah dan Mendorong Orang Lain untuk Melakukannya

Setiap Muslim harus mempelajari biografi Nabi SAW, sebab jika kita mempelajari sirah nabi maka kita akan mengetahui bagaimana kasih sayang, cinta, dedikasi, ketulusan, kecantikan, karakter mulia, perhatian terhadap umat, dan apapun yang Nabi SAW lakukan untuk menyampaikan islam ke seluruh dunia.

Bagaimana mungkin, jika kita mengaku mencibta Nabi, namun kita tidak mengetahui biografi dan latar belakang hidupnya?

  1. Sering Mendoakan Nabi SAW

Jika kita mengakau mencinta Nabi SAW, maka janganlah lupa mendoakan Nabi Muhammad kepada Allah SWT. Sebenarnya jika kita memamahi makna bacaan shalat, kita sering mendoakan Nabi SAW melalui bacaan “Allahumma Sholi ‘ala Muhammad” .

Semakin kita sering mengirimkan doa kepada Nabi SAW, maka kita akan semakin dekat kepada beliau kelak di hari kiamat dan Nabi SAW akan memberikan syafaat kepada umat yang mencintainya ketika kita di akhirat nanti.

  1. Menyukai Hal-hal yang Nabi Muhammad Cintai dan Orang-orang yang Dicintainya

Jika kita mengaku mencintai Nabi SAW, maka kita harus menyukai hal-hal yang nabi Muhammad cintai, misalnya sering melakukan ibadah puasa sunnah senin dan kamis, menggunakan siwak dan sunah-sunah lainnya yang Rasulullah cintai.

Selain itu, kita juga harus mencintai orang-orang yang dicintai Nabi SAW, seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dan seluruh keluarga Nabi SAW serta para sahabat pada umumnya. Bagaimana mungkin kita termasuk salah satu pengikut Rasulullah SAW jika kita tidak mencintai para sahabat, bahkan mencela dan mencacinya?

  1. Sering Mengingat Nabi SAW dan Ingin Bertemu dengannya

Ketika kita mencintai seseorang, maka kita sering memikirkan seseorang yang dicintainya, hingga kita berharap bertemu dengan seseorang yang kita cintai tersebut. Oleh karena itu, semakin kita mencintai Rasulullah maka kita sering mengingatnya dengan membaca sirah nabawiyah, memperbanyak doa dan membaca shalawat untuk beliau, hingga kita berharap kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan Nabi SAW di akhirat kelak, Aamiin…

Sumber: Ilmfeed

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here