Tersiksa Karena Sariawan? Inilah 10+ Obat Alami Yang Ampuh Untuk Menyembuhkan Sariawan

0
98

Elfatica.com – Memang rasanya tersiksa ya sahabat jika sedang terkena sakit sariawan, buat makan sakit, buat minum sakit, buat dipakai ngobrol juga sakit. Bahkan diam saja juga sakit, dan rasanya malah seperti kaku. Trus bagaimana cara mengobatinya supaya sariawan tidak lama bersarang di mulut kita? Nah ternyata selain menggunakan obat kimia, ada juga lho pengobatan alami yang manjur untuk sariawan. Tidak percaya, inilah dia 10+ obat alami untuk menyembuhkan sariawan yang bisa sahabat lakukan yang akan kita bahas bersama di bawah ini.

Sariawan Itu Apa?

Sebelum membahas tentang cara mengobati sariawan secara alami, ada baiknya kita bahas dulu apa sesungguhnya sakit sariawan itu. Sariawan yang berbentuk seperti luka berwarna putih ini muncul karena adanya infeksi jamur Candida albicans. Biasanya, orang yang terinfeksi jamur jenis ini sedang menurun kondisi kekebalan tubuhnya. Dimana saat lidah tergigit sedikit saja bisa menjadi luka yang berujung sariawan. Selain kondisi yang tidak fit, sariawan juga dapat dipicu oleh alergi makanan, stres, siklus menstruasi, kurangnya kebersihan mulut, atau ketidakseimbangan hormon. Pada anak-anak, sariawan bisa juga timbul karena penyakit tangan, kaki, dan mulut.

ilustrasi sakit sariawan
ilustrasi sakit sariawan. image: internet

Pada umumnya, sariawan dapat sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Namun, banyak orang yang tidak mampu menahan rasa perih ketika luka sariawan digunakan untuk makan, minum, maupun berbicara sehingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan obat yang dijual bebas. Nah untuk lebih jelas dan detailnya tentang penyakit ini sahabat bisa baca artikel tentang pengertian sariawan dan bagaimana cara pencegahannya yang sudah kami terbitkan sebelumnya.

Bagi sahabat yang sudah terkena atau sedang terkena sariawan ini janganlah kuatir, karena banyak sekali obat yang bisa digunakan untuk mengobati sakit sariawan ini. Sahabat bisa memilih pengobatan kimia seperti menggunakan obat Albothyl yang bisa dibeli secara bebas di apotek, atau pergi ke dokter agar mendapatkan resep obat, atau bisa juga menggunakan pengobatan alami yang khasiatnya juga tidak kalah dengan pengobatan kimia. Apa dan bagaimana saja kira-kira pengobatan alami untuk sariawan tersebut? Silahkan simak berikut ini.

10+ Tips Pengobatan Alami Yang Ampuh Untuk Sariawan

1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara pertama dalam pengobatan alami sariawan yang sering dilakukan oleh orang-orang sejak jaman dahulu adalah dengan berkumur menggunakan air garam.

manfaat air garam untuk pengobatan sariawan. image: shutterstock
manfaat air garam untuk pengobatan sariawan. image: shutterstock

Cara pengobatannya adalah pertama campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian berkumurlah sekitar satu sampai dua menit, dan lakukan secara rutin sampai dengan tiga kali sehari. Atau cara lainnya adalah dengan mengoleskan garam pada luka sariawan lalu bilas. Lakukan hal tersebut rutin hingga sariawan hilang.

Dilihat dari kacamata medis, garam dapat menarik cairan pada luka sariawan. Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sariawan sehingga cepat sembuh. Kelemahan dari cara pengobatan ini adalah jika sahabat tidak kuat dengan sakit saat garam mengenai daerah yang luka karena sariawan, karena garam akan menambah rasa sakit tersebut.

2. Berkumur dengan campuran air dan soda kue

Selain air garam ternyata sahabat juga dapat menggunakan campuran air dan soda kue (baking soda) sebagai cara mengobati sariawan. Hal ini karena campuran air dan soda kue bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH.

air dan soda kue untuk mengobati sariawan. image: shutterstock
air dan soda kue untuk mengobati sariawan. image: shutterstock

Cara pengobatannnya adalah sahabat cukup mencampurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh soda kue. Setelah itu berkumurlah selama 15-30 detik. Ulangi setiap beberapa jam sesuai dengan yang sahabat perlukan.

3. Berkumur dengan air kayu manis

Kayu manis rupanya bagus juga sebagai obat alternative yang efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Cara pengobatannya adalah dengan merebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Kemudian biarkanlah sampai suhunya agak dingin.

manfaat air rebusan kayu manis bagi sariawan. image: gettyimages
manfaat air rebusan kayu manis bagi sariawan. image: gettyimages

Setelah air campuran kayu manis ini dingin, gunakanlah untuk berkumur. Khusus untuk Ibu hamil, cara ini tetap boleh dilakukan namun dengan jumlah kayu manis yang tidak terlalu banyak. Hal ini karena kayu manis mengandung kadar vitamin C tinggi yang bisa membahayakan janin jika dikonsumsi terlalu banyak.

4. Pengobatan dengan Madu

Madu merupakan bahan alternatif yang banyak manfaatnya, antara lain untuk mengobati sariawan yang efektif. Hal ini karena madu terbukti dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan mengurangi ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri. Namun, saat memilih madu, pilihlah madu yang tidak dipasteurisasi dan alami karena hasilnya akan lebih ampuh.

manfaat madu untuk mengobati sariawan. image: internet
manfaat madu untuk mengobati sariawan. image: internet

Cara pengobatan sariawan dengan menggunakan madu ini adalah dengan cara mengoleskan madu pada sariawan sebanyak empat kali sehari.

5. Pengobatan Dengan Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu bahan makanan yang banyak manfaatnya. Hal ini karena yoghurt mengandung probiotik alami yang berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan jamur. Bakteri Lactobacillus yang ada di dalamnya mampu menyebar ke dalam tubuh melewati usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

yoghurt untuk mengobati sariawan. image: kompas
yoghurt untuk mengobati sariawan. image: kompas

Untuk mengobati sariawan, pilih yogurt yang tidak mengandung pemanis atau gula karena gula memberikan lingkungan yang kondusif bagi jamur untuk tumbuh. Yogurt dapat diminum langsung ataupun dioleskan ke luka sariawan dan dibiarkan selama 5-10 menit sebelum dibilas. Sahabat dapat melakukan pengobatan ini 3-4 kali sehari.

6. Mengoleskan Minyak Kelapa

Cara berikutnya untuk mengobati siariawan secara alami adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Minyak kelapa murni yang lebih dikenal dengan virgin coconut oil memiliki kandungan utama asam laurat. Asam laurat dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh. Dalam hal pengobatan sariawan, minyak kelapa mengandung antimikroba dan antiradang. Kandungan ini membuat minyak kelapa efektif mengobati sariawan yang disebabkan bakteri dan mengurangi radang serta rasa sakit dari sariawan. Minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya sariawan.

minyak kelapa untuk pengobatan sariawan. image: internat
minyak kelapa untuk pengobatan sariawan. image: internat

Cara penggunaan minyak kelapa untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan, kemudian berkumur dengan air hangat. Ibu hamil dapat mencoba dengan catatan tidak terlalu lama menahan minyak kelapa di dalam mulut. Segera bilas hingga bersih dengan cara berkumur atau menyikat gigi.

7. Menggunakan Chamomile

Apakah sahabat mengetahui apakah itu Chamomile? Chamomile adalah jenis tanaman bunga yang biasa dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh. Ternyata bunga ini mengandung antiseptik dan antiradang yang dapat menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit.

chamomile untuk pengobatan. image: thehealthsite.com
chamomile untuk pengobatan. image: thehealthsite.com

Cara penggunaan dalam mengobati sariawan adalah dengan menggunakan kantong teh chamomile yang telah dibasahkan dengan air hangat untuk dikompres pada sariawan selama beberapa menit. Selain itu sahabat juga dapat berkumur dengan teh chamomile sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Dan teh chamomile juga bisa dicampurkan dengan madu untuk dikonsumsi.

8. Menggunakan Irisan Bawang Putih

Selain terkenal sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih juga mampu mengobati sariawan. Bawang putih mentah mengandung senyawa alisin yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh.

irisan bawang putih untuk obat sariawan. image: klikpositif.co
irisan bawang putih untuk obat sariawan. image: klikpositif.co

Cara pengobatan menggunakan irisan bawang putih ini adalah dengan cara bawang putih yang sudah dicuci bersih dapat langsung dipotong dan dioleskan pada sariawan. Ulangi beberapa kali sehari sehingga sariawan akan cepat mengering dan sembuh.

9. Mengompres Sariawan Dengan Es Batu

Jika sahabat mempunyai es batu di rumah, bahan ini juga dapat mengurangi radang pada sariawan. Suhu dingin tersebut memperlambat aliran darah menuju sariawan, karenanya mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

es batu untuk kompres sariawan. image: kliksehat.co
es batu untuk kompres sariawan. image: kliksehat.co

Caranya adalah dengan mengompres sariawan dengan es batu.

10. Menggunakan Lidah Buaya

Apakah sahabat Elfatica mengetahui tanaman lidah buaya? Ya tanaman yang daunnya berbentuk segitiga panjang dan tebal dengan pinggirannya yang berduri kecil. Lidah buaya ternyata selain berguna untuk kesuburan rambut ternyata juga dapat membantu mengobati sariawan. Selain sifat antiinflamasi dan penenang pada lidah biaya yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat, lidah biaya juga dapat mencegah sariawan muncul kembali.

lidah buaya untuk obat sariawan. image: sehatm.com
lidah buaya untuk obat sariawan. image: sehatm.com

Cara pengobatan dengan menggunakan lidah buaya inipun sederhana, cukup langsung oleskan ke daerah sariawan dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, sahabat bisa langsung membilas mulut dengan air hangat. Cukup ulangi beberapa kali sehari hingga sariawan hilang. Jika senang menikmati jus lidah buaya, sahabat juga bisa mengonsumsinya sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengobati sariawan.

11. Mengompres Dengan Kantong Teh

Kantong teh dapat juga dimanfaatkan untuk membantu mengobati sariawan. Sebenarnya yang mempunyai khasiat bukanlah kantong teh, tetapi teh yang ada didalamnya, terutama jenis teh hitam. Hal ini berkaitan dengan kandungan tannin pada teh. Atau, kamu bisa menggunakan teh celup chamomile yang juga mengandung zat anti radang.

manfaat kantong teh untuk sariawan. image: origamiman.com
manfaat kantong teh untuk sariawan. image: origamiman.com

Caranya adalah setelah menyeduh teh celup, jangan buang kantongnya. Kantong teh celup (khususnya teh hitam) yang masih basah dapat meredakan rasa sakit dan peradangan, yaitu dengan dikompreskan atau ditempelkan ke sariawan.

Nah itulah sahabat Elfatica 10 tips pengobatan sariawan secara alami diatas itu yang dapat kita masukkan ke dalam kategori pengobatan luar, yaitu mengobati langsung ke luka sariawannya. Selain itu kita dapat juga mempercepat penyembuhan dari dalam melalui asupan makanan yang kita makan.

Sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat mencegah berbagai efek buruk peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh, contohnya adalah jeruk, apel, brokoli, dan bayam. Sementara itu, sayuran berpati seperti labu, ubi jalar, kacang merah, dan wortel mampu membersihkan bakteri buruk dalam tubuh lewat hati dan ginjal. Jenis ikan-ikanan yang kaya akan omega 3 seperti salmon, tuna, dan sarden juga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Namun jika sariawan yang diderita ternyata tidak sembuh setelah beberapa minggu atau bahkan bertambah parah, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, karena dikuatirkan bukanlah sariawan biasa, namun tanda-tanda dari penyakit lain. Semoga bermanfaat!

disarikan dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here