Buku Perangkap Iblis Karya Ibnul Jauzi

Buku Perangkap Iblis Karya Ibnul Jauzi

Malam ini kita mulai review buku lagi ya. Diantara jajanan buku yang saya pilih untuk review duluan, adalah buku yang berjudul “PERANGKAP IBLIS – 560 tipu muslihat iblis yang tak disadari manusia” karya Ibnul Jauzi.

Mengamati daftar isi buku ini sebelum saya membaca keseluruhan buku, selalu saya memilih topik yang paling menarik menurut saya, dan terarahkan pada sub judul lima anak iblis di halaman 75.

Sedikit saya tuliskan disini gambaran tentang kelima anak iblis tersebut;

1. Tsabar ini adalah laskar Iblis yang memiliki spesialisasi mengajak manusia untuk mengeluh. Dia menyuruh manusia kepada ats-tsubur, yakni meratap saat ditimpa musibah dengan mengatakan “Celakalah aku”. Puncak dari target Tsabar adalah menjadikan semua makhluk menjadi kufur. Manusia kemudian akan mengklaim bahwa Allah tidak adil.

2. A’war, Dia memiliki tugas khusus , yaitu menyeru orang berbuat zina dan menghiasi seseorang agar nampak indah dalam pandangan manusia.

A’war juga merekrut para setan dari golongan manusia sebagai tim sukses mengkampanyekan perbuatan zina. Diantara strategi utama iblis adalah menyebarluaskan perbuatan zina di muka bumi. Untuk menyukseskan tujuannya, ia melakukan sayembara bagi anak cucunya bahwa barangsiapa mampu menjerumuskan manusia dalam zina, maka sebuah mahkota akan dipakaikan di kepalanya sebagai tanda jasa.

Rasulullah saw bersabda : Jika waktu pagi datang, iblis menyebarkan para tentaranya ke muka bumi lalu berkata : “Siapa saja diantara kalian yang menyesatkan seorang muslim, aku akan kenakan mahkota di kepalanya,” Salah satu tentaranya menghadap dan berkata, “Aku terus menggoda si fulan hingga mau menceraikan istrinya.” Iblis berkata, “Ah, bisa jadi ia akan menikah lagi.” Tentara yang lain menghadap dan berkata, “Aku terus menggoda si fulan hingga ia mau berzina.” Iblis berkata “Ya, kamulah yang berhak mendapat mahkota!”. (H.R. Ahmad dan Ibnu Hibban).

3. Miswath. Tata cara syetan miswath bekerja yaitu kalau dia mendengar berita bohong, ia lalu segera sampaikan kepada siapa saja yang di jumpainya dimana saja .

Bisa jadi ia menyamar atau menyusup ke aliran darah orang orang yang dijadikan antek anteknya, lalu orang itu menyebarkan kepada orang ramai, didahului dengan ucapan aku bertemu seorang lelaki yang aku ingat dan kenal rupanya, namun aku tak tahu namanya, dia menceritakan kepadaku begini dan begitu atau dengan cara yang semacam dan sejenis dengan itu.

Dengan cara demikian, tersebarlah berita bohong ke segala penjuru, sehingga menyebabkan kekacauan dan kekalutan di dalam segala bidang kehidupan masyarakat. Jadi syetan miswath ini, benar benar mengaduk-aduk suasana masyarakat manusia agar timbul kekacauan dan keributan juga keresahan dimana mana.

4. Dasim, setan yang bertugas di rumah;
– merusak keharmonisan rumah tangga
– ikut mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak diucapkan kalimat basmallah
– masuk dalam ruang atau kamar kosong

5. Zaknabur, wilayah yang sering ditempati setan Zaknabur ini adalah tempat ramai seperti mall, pasar, dan sejenisnya. Ia akan menancapkan benderanya disana. Di dalam pasar dia akan mengadu domba antara pedagang dan pembeli supaya cekcok dan ribut.

Iblis akan menggoda manusia dari berbagai penjuru arah; kanan, kiri, depan, belakang, atas, dan bawah. Bagaimana pun caranya, iblis akan selalu menebarkan tipu dayanya hingga manusia kufur terhadap Allah subhanahu wa ta’ala. Hanya kepada Allah kita memohon perlindungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!
Have no product in the cart!
0