Review Buku Ramadhan JSR karya dr. Zaidul Akbar

0
436
review buku ramadhan JSR
review buku ramadhan JSR

Elfatica.comReview Buku Ramadhan JSR karya dr. Zaidul Akbar yang sangat menarik untuk dikupas. Sahabat Elfatica, alhamdulillah kita sudah masuk ke dalam bulan Ramadhan, dimana bulan ini adalah bulan suci yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Ya kita menunggu-nunggu datangnya bulan Ramadhan karena memang banyak sekali kelebihan yang diberikan Allah SWT pada bulan ini.

adv

Nah membahas bulan Ramadhan ini, bagaimanakah puasa sahabat semua? Ya, ibadah yang paling terlihat di saat bulan suci ini adalah ibadah puasa sebulan penuh. Untuk dapat melaksanakan puasa dengan lancer, selain merupakan kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT, kita juga harus mempersiapkan diri kita agar selalu sehat dan bugar. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat menjalani puasa sebulan penuh dengan lancer dan badan tetap sehat.

buku ramadhan jsr bulan dan imun
buku ramadhan jsr bulan dan imun

Bagaimanakah cara menjaga badan tetap sehat dan bugar? Nah kali ini kita akan mereview dan membahas buku baru karya dari dr. Zaidul Akbar yang berjudul Ramadhan JSR. Buku ini dilaunching tepat pada momen menjelang bulan Ramadhan 1442 H atau di bulan Maret 2021 kemarin. Buku ini dijual dengan harga 95.000 IDR, isinya dua warna. Apa saja isinya? Yuk kita lihat bersama.

Review Buku Ramadhan JSR karya dr. Zaidul Akbar

Dari judul tulisannya yaitu “Ramadhan JSR” kita sudah bisa mengetahui jika buku ini membahas kesehatan tubuh yang berhubungan dengan ibadah Ramadhan. Hal ini terlihat dari judulnya menggunakan singkatan JSR. JSR ini mempunyai arti Jurus Sehat Rasulullah yang terdapat pada buku-buku dari dr. Zaidul Akbar sebelumnya yang membahas bagaimana menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan mengikuti pola hidup sehat nabi Muhammad SAW.

daftar isi buku ramadhan JSR
daftar isi buku ramadhan JSR

Setelah itu kita melihat daftar isinya, terlihat tidak terlalu banyak poin-poin utama yang dijabarkan dalam buku ini. Paling tidak ada 5 poin utama yaitu:

1. Beginilah Tubuh Saat Puasa

Pada poin ini penulis menjelaskan bagaimana kondisi badan saat berpuasa, dimana organ-organ tubuh akan menormalisasi fungsinya masing-masing akibat berkurangnya asupan makanan. Dan juga ada proses-proses penyeimbangan tubuh yang berjalan pada fase manusia sedang berpuasa. Oleh karena itu organ-organ tubuh justru sedang dalam posisi mengembalikan fungsinya masing-masing menjadi Kembali bekerja normal.

2. Rahasia Menyehatkan Puasa Ramadhan

Pada poin ini terdapat dua bahasan yaitu tentang bagaimana fungsi organ otak manusia yang berfungsi dengan baik saat manusia berpuasa. Selain itu puasa dapat menambah kecerdasan otak. Lalu bagaimana penulis menjabarkan bukti-bukti bahwa puasa dapat membuat tubuh menjadi sehat.

3. Ramadhan Superfood

Nah ini sepertinya menjadi poin paling penting dalam buku ini, bagaimana penulis yaitu dr. Zaidul Akbar memberikan penjelasan apa yang perlu diperbaiki oleh kita saat menyiapkan menu makan sahur dan berbuka puasa. Hal ini untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar sehingga kita dapat tetap melaksanakan ibadah puasa dengan lancar.

isi menu buku ramadhan superfood
isi menu buku ramadhan superfood

Kemudian penulis menjelaskan tentang makanan-makanan yang baginda Rasulullah SAW konsumsi saat Ramadhan tiba. Sahabat Elfatica sudah mengatahui kan bagaimana kisah kehidupan Nabi Muhammad SAW? Beliau adalah manusia yang sangat sehat, hampir tidak pernah sakit selama hidupnya. Beliau hanya sakit selama dua kali yaitu saat beliau di sihir oleh kaum Yahudi dan saat beliau menjelang akhir hidupnya. Apakah ada manusia lain yang sesehat beliau?

Dalam pembahasan ketiga dalam bab ini, penulis memberikan contoh-contoh menu harian yang bisa kita ikuti selama berpuasa Ramadhan yang beliau sebut sebagai menu khas Ramadhan ala JSR (Jurus Sehat Rasulullah). Sangat menarik bukan?

4. 24 Jam Ramadhan ala JSR

Pada bab atau poin ini tidak hanya beliau membahas tentang makanan dan kesehatan badan saja, namun beliau juga membahas bagaimana pentingnya meningkatkan amal ibadah di bulan Ramadhan ini.

24 jam Ramadhan JSR
24 jam Ramadhan JSR

Dan juga amalan-amalan apa saja yang baik kita lakukan selama 24 jam.

5. Motivasi Untuk Sukses Ramadhan

Nah pada bab terakhir ini beliau memberikan banyak motivasi yang sangat berguna bagi kita dalam melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini.

motivasi untuk sukses Ramadhan ala JSR
motivasi untuk sukses Ramadhan ala JSR

Begitulah review Buku Ramadhan JSR karya dr. Zaidul Akbar yang bisa kami tuliskan dalam artikel ini. Beliau yang merupakan seorang dokter sekaligus ustadz merupakan perpaduan dua ilmu yang sangat berguna bagi umat Islam. Sehingga beliau tidak hanya membahas kesehatan saja sebagaimana buku-buku kesehatan lainnya, namun beliau juga mengisi buku ini dengan ilmu agama dan sunnah-sunnah yang Rasulullah ajarkan. Yang jelas buku ini sangat recommended dan penting untuk kita miliki dan baca serta praktekkan terutama di dalam bulan puasa ini. Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Untuk pemesanan buku Ramadhan JSR ini silahkan langsung menggunakan shopping cart atau bisa mengghubungi kami di Whatsapp 081357839159.

Berita sebelumyaInilah Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan dan Medis
Berita berikutnyaPenyebaran Virus Corona Oleh Lalat Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here