Review Buku Ensiklopedi Pengobatan Islam Karya Sya’ban Ahmad Salim

Review Buku Ensiklopedi Pengobatan Islam Karya Sya’ban Ahmad Salim

Sekarang ini di Indonesia sudah mulai banyak umat Islam yang sadar dan beralih ke pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu pengobatan yang bersumber dari agama Islam. Hal ini tentunya merupakan langkah yang sangat menggembirakan karena dengan selama ini dunia pengobatan terutama di Indonesia didominasi oleh ilmu pengobatan yang berasal dari barat dan juga dari negara-negara non muslim lainnya. Hal yang paling mendasar pada pengobatan dari barat adalah tidak adanya filter dari bahan-bahan non halal yang digunakan dalam pengobatan tersebut. Hal ini tentunya akan berimbas pada tanggung jawab kita kepada Allah SWT yang telah memberikan petunjuk melalui Rasulullah, tentang mana bahan yang halal dan haram untuk kita gunakan dan juga akibat yang akan kita pikul saat menggunakan obat-obat yang tidak halal.

Kembali pada dunia pengobatan Islam, kali ini kita review sebuah buku tebal yang berjudul “Ensiklopedi Pengobatan Islam, Terapi Penyembuhan dengan Pengobatan yang Bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi SAW” karya dari Sya’ban Ahmad Salim. Buku ini mempunyai judul asli “Mausu’ah Al-‘Ilaj bil-Qur’an wa Al-Adzkar”. Dengan melihat ketebalan buku ini yang mempunyai 714 halaman dengan hard cover, tentunya buku ini sarat dengan ilmu pengobatan yang patut untuk kita pelajari bersama.

buku ensiklopedi pengobatan islam

ensiklopedi pengobatan islam

Dalam buku Ensiklopedi Pengobatan Islam ini terdapat 11 BAB utama yang dibagi-bagi menjadi judul-judul yang isinya lebih spesifik sesuai dengan judul tersebut. Sekarang mari kita ulas garis besar bagian-bagian dari isi buku ini:

  1. Cara Turunnya Al-Qur’an

BAB awal buku Ensiklopedi Pengobatan Islam karya Sya’ban Ahmad Salim ini menjelaskan dengan detail tentang cara turunnya Al-Qur’an dan juga sejarahnya, dengan maksud menandaskan bahwa pegangan dan rujukan utama dari agama Islam adalah Al-Qur’an.

Dalam BAB ini penulis menjelaskan tentang berbagai ayat dan hadits yang berkenaan dengan diturunkannya Wahyu (Al-Qur’an), urutan-urutan turunnya surat-surat dalam Al-Qur’an, dan juga sekilas sejarah dan tahap-tahap dalam pengumpulan mushaf Al-Karim. Setelah itu dijelaskan pula kondisi Al-Qur’an pada jaman Rasulullah, Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar, Utsman dan Ali.

Setelah itu disambung dengan cara penulisan Al-Qur’an, dimana diceritakan orang yang pertama kali menuliskan I’rab dan titik pada mushaf, penulisan huruf arab, naskh, dan kufi pertama kali. Dan tidak ketinggalan bagaimana susunan huruf, pengenalan makhraj serta pengajaran bacaan Al-Qur’an.

Setelah selesai dalam pembahasan sejarah Al-Qur’an, penulis kemudian membahas tentang pentingnya umat Islam dalam mempelajari Al-Qur’an, keutamaan orang yang belajar dan juga mengajarkannya, bagaimana cara membaca Al-Qur’an, dan juga hukumnya melagukan dan mengubah pembacaannya. Dalam akhir BAB 1 ini juga dijelaskan bagaimana balasan orang yang melecehkan Al-Qur’an atau mengubahnya, serta perintah bagi kita untuk memuliakan ahli Al-Qur’an.

  1. Keutamaan-Keutamaan Shalat

Dalam buku Ensiklopedi Pengobatan Islam ini di bagian BAB kedua menjelaskan tentang shalat. Dalam bagian ini dijelaskan tentang shalat, membaca Al-Qur’an dalam shalat dan dzikir, keutamaan shalat sunnah, seperti tahajud dan keutamaan menghidupkan malam dengan shalat sunnah. Setelah itu disambung dengan penjelasan tentang ikatan setan terhadap orang yang tidur sehingga berat untuk bangun dan melaksanakan shalat.

Kemudian pembahasan beralih pada penjelasan tentang menjamak shalat pada orang yang sedang bepergian atau musafir, keutamaan shalat wudhu dan ketrangannya, keutamaan shalat malam dengan bacaan Al-Qur’an dan memperbanyak rukuk dan sujud, serta tercelanya orang yang mencuri shalat, rukuk dan sujud.

  1. Bacaan Al-Qur’an

Pada bagian ketiga buku Ensiklopedi Pengobatan Islam ini sudah mulai membahas secara lengkap tentang bagaimana pengobatan menggunakan bacaan Al-Qur’an dan doa-doa yang disunnahkan. Hal ini dimulai dengan keutamaan mendengar bacaan Al-Qur’an dan penjelasan kewajibannya, keutamaan firman Allah atas perkataan manusia, keutamaan membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, dan tata cara pengobatan dengan Al-Qur’an, bagaimana Rasulullah, sahabat dan salaf berobat dengan Al-Qur’an. Setelah menjelaskan tentang aturan dalam pengobatan dengan Al-Qur’an ini maka selanjutnya yang dibahas adalah tentang bagaimana cara terapinya, syarat terapis atau orang yang mengobati, syarat pasien yang diobati, dan kemudian dijelaskan juga tentang ayat-ayat ruqyah, surat-surat yang akan menyakiti setan yang durhaka, ayat-ayat adzab, ayat-ayat obat atau syifa, dan juga surat-surat yang harus dibaca atau diperdengarkan kepada pasien yang akan diobati.

  1. Sihir

Membahas sihir, dalam buku Ensiklopedi Pengobatan Islam ini banyak sekali diterangkan tentang sihir, yaitu sebuah kejahatan dari setan yang banyak dipakai baik oleh setan sendiri atau mansia untuk mencelakakan orang lain. Hal pertama yang dibahas adalah jenis-jenis sihir dan ayat-ayat Al-Qur’an yang menunjukkan adanya sihir. Kemudian dibahas juga tentang cara melindungi diri dari pengaruh sihir.

Setelah itu dijelaskan dengan detail bagaimana terapi menyembuhkan sihir ini, obat ilahi terhadap sihir, dan bagaimana cara memusnahkan sihir.

Selanjutnya adalah pembahasan tentang terapi sihir yang dibagi menjadi banyak judul yang isinya menjelaskan secara spesifik bagaimana terapi menghadapi sihir, seperti terapi untuk orang yang terkena sihir rabth, terapi mandul, terapi sihir cinta atau guna-guna, sihir penyebab perceraian, terapi pusing dan sakit yang luar biasa, penyakit, teriakan, kelemahan, gila, pendarahan atau istihadah, dan juga tentang sihir pemunduran waktu pernikahan. Selain itu dibahas juga tentang alternatif cara terapi, benteng melawan sihir seperti pelindung sihir pada pagi dan petang, perlindungan ketika tidur dan perlindungan bagi suami-isteri dalam kehidupan berkeluarga.

  1. Jin dan Manusia

Pada bab ini dibahas lengkap bagaimana hakikat jin tersebut sesuai dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang menyebutkan atau menjelaskannya. Selain ayat-ayat tentang jin, juga dijelaskan tentang penciptaan jin, perbedaan antara jin, setan dan iblis, jenis jin dan bentuk mereka, makanannya, tempat tinggalnya, agama dan keyakinannya, dan hubungannya antara jin dengan manusia.

Setelah mengenal tentang jin ini maka pembahasan berikutnya adalah mengenai gangguan-ganguan yang diakibatkan oleh jin seperti kerasukan dan jenisnya, serta bagaimana pengobatannya.

  1. Doa Penyembuh

Dalam bab ini diulas tentang adab-adab dalam berdoa, waktu-waktu yang mustajab dalam berdoa, doa-doa yang diambil dari Al-Qur’an, dan akhirnya dijelaskan berbagai doa yang dapat kita amalkan yang bersumber dari Al-Qur’an dan juga sunnah nabi, seperti doa memohon pertolongan Allah, doa memohon kebaikan, perlindungan, dan banyak lainnya.

  1. Dengki dan Terapinya Menurut Al-Qur’an dan Al-Hadits

Dalam buku Ensiklopedi Pengobatan Islam ini juga dijelaskan dengan detail tentang dengki dan terapinya, asal usul kata dengki, penyebutannya dalam Al-Qur’an, manusia pertama yang mendengki, hakikatnya, dan dalil diharamkannya dengki.

Selain dengki, dalam bab ini juga dibahs tentang al ‘ain atau ain yang merupakan salah satu jenis dengki yang akibatnya akan fatal jika tidak disadari oleh kita selaku ummat Islam. Dalam bab ini juga dijelaskan bagaimana cara mengobati terhadap al ‘ain dan cara teraoinya.

  1. Pengobatan Dan Terapi Nabi

Dalam bab pengobatan dan terapi nabi dalam buku Ensiklopedi Pengobatan Islam ini banyak sekali hadits nabi yang merupakan petunjuk dalam pengobatan dan terapi untuk menyembuhkan, yang dibagi dengan masing-masing sakit dan cara pengobatannya.

  1. Bekam

Dalam bab ini dijelaksna dengan detail tentang berbekam, yaitu mengeluarkan darah kotor untuk kesehatan. Di bab ini dijelaskan dengan detail mulai dari pengertian bekam, cara melakukan bekam, syarat keberhasilannya, lokasi-lokasi bekam, dan jenis bekam yang sering digunakan terapis untuk pengobatan.

  1. Dzikir dengan Asmaul Husna yang Termaktub dalam Al-Qur’an

Dalam bab ini dijelaskan mengenai dzikir dengan menggunakan nama Allah atau Asma’ul Husna.

  1. Terapi Qur’ani Antara Herbal dan Makanan Bergizi

Pada bab terakhir buku Ensiklopedi Pengobatan Islam ini dijelaskan mengenai jenis penyakit dan pengobatannya, makanan yang biasa digunakan untuk obat seperti madu, penyakit apa saja yang dapat diobati dengan madu, kandungan gizinya, dan juga manfaatnya. Setelah madu juga dibahas tentang buah zaitun, tin, buah kurma dan anggur, susu dan sayuran hijau.

Demikianlah review singkat mengenai buku Ensiklopedi Pengobatan Islami, yang ternyata banyak sekali ilmu yang didapat dalam buku ini dalam mengobati berbagai penyakit secara Islami.

Bagi kami, sangat berguna sekali buku Ensiklopedi Pengobatan Islam untuk dimiliki karena dlam buku ini banyak sekali penjelasan mengenai gangguan dan juga penyakit yang menyerang manusia baik dari setan, jin, al ‘ain dan juga penyakit fisik dan juga cara penyembuhan dan terapi pengobatannnya yang isnya Allah sesuai dengan AL-Qur’an dan As-Sunnah.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!
Have no product in the cart!
0