Tips Mudah Menjaga Wajah Agar Tetap Bersih dan Sehat Setiap Hari

0
563
memakai pelembab wajah secara teratur
memakai pelembab wajah secara teratur

Elfatica.com – Hai sahabat Elfatica, apakah sudah membersihkan wajah hari ini? Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling jelas terlihat karena kita bertemu dengan orang lain maka yang paling awal diperhatikan adalah wajah, setelah itu baru yang lainnya. Oleh karena itu maka sangat penting untuk menjaga wajah agar tetap bersih dan sehat setiap hari. Bagaimana caranya? Mari kita ikuti artikel ini sampai habis…

Mengapa Wajah Perlu Dijaga Kebersihannya?

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi semua orang, baik sebagai pembeda antara kita dengan orang lain, juga dengan melihat wajah kita dapat mengetahui perasaan orang yang kita lihat apakah sedang senang, sedih atau yang lainnya. Selain itu, wajah adalah bagian tubuh yang biasanya langsung terkena udara dan lingkungan sekitar sehingga mudah sekali terpapar debu, polusi dan kotoran-kotoran lainnya saat kita berada di luar. Nah karena itulah jika kita tidak merawat wajah dengan rutin maka dikhawatirkan akan kusam dan tidak sehat. Bagaimanakah caranya? Berikut ini tips mudah menjaga dan merawat wajah agar tetap bersih dan sehat setiap hari.

Tips Mudah Menjaga Wajah Agar Tetap Bersih dan Sehat Setiap Hari

Berikut adalah tips-tips yang dapat dengan mudah sahabat Elfatica lakukan secara rutin agar kesehatan wajah tetap terjaga dan bebas dari penyakit dan kusam:

1. Mengenali Jenis Kulit Wajah

Hal paling awal yang harus sahabat lakukan adalah mengenali jenis kulit wajah sahabat sendiri, apakah termasuk jenis kulit normal, berminyak, kering atau juga yang sensitif. Karena dengan mengenali jenis kulit nanti sahabat dapat memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit sahabat. Sementara itu apakah sahabat mengerti jenis-jenis kulit dan cirinya masing-masing?

kenali jenis kulit wajah
kenali jenis kulit wajah. image credits: flamingoid.com
  • Jika sahabat termasuk yang normal, itu berarti kulit sahabat memiliki kelembapan, minyak dan daya tahan yang seimbang. Inilah yang akan sahabat dapatkan dengan menjaganya tetap bersih.
  • Jika Sahabat punya kulit berminyak, wajah mungkin akan terlihat mengilap, lembap atau berminyak setelah beberapa jam mencuci muka.
  • Jika kulit Sahabat kering, seringkali akan terlihat kering dan mengelupas.
  • Jika Sahabat punya kulit sensitif, kulit Sahabat seringkali terasa kencang atau gatal dan Sahabat akan mengalami reaksi alergi saat terkena bahan kimia tertentu.
  • Banyak orang memiliki kulit kombinasi, di mana tandanya adalah sebagian wajah Sahabat berminyak sementara bagian lainnya kering.

2. Membersihkan Wajah dengan Pelembab Secara Teratur

Tips kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang kedua setelah mengenali jenis kulit adalah membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri secara rutin. Pergunakan pembersih wajah sederhana paling tidak dua kali sehari. Cucilah wajah Sahabat satu kali di pagi hari dan satu kali di sore hari. Karena kulit tiap orang berbeda-beda dan membutuhkan perawatan yang berbeda, Sahabat mungkin lebih baik mencoba beberapa pembersih wajah yang berbeda untuk mengetahui mana yang hasilnya paling bagus untuk Sahabat. Apa yang harus Sahabat cari dari pembersih wajah adalah pembersih yang bisa menyingkirkan kotoran dan kuman dan minyak berlebih, akan tetapi tidak menghilangkan minyak sehat pada wajah Sahabat. Hal ini sangat penting karena jika pembersih mengangkat semua minyak maka wajah akan menjadi kering dan mudah terkelupas, serta sel-sel kulit juga menjadi tidak sehat.

memakai pelembab wajah secara teratur
memakai pelembab wajah secara teratur. image credits: internews

Sebagai contoh adalah jika kulit Sahabat berminyak maka Sahabat membutuhkan pembersih yang memiliki tingkat pH yang rendah. Dengan pH rendah ini pembersih akan lebih efektif dalam membersihkan minyak. Jika Sahabat mempunyai kulit yang sensitif maka jauhilah pembersih yang penuh dengan kandungan bahan kimia. Karena bahan-bahan kimia biasanya akan bereaksi dengan kulit yang sensitif.

Buku rekomendasi bagi muslimah:

Fiqih Kontemporer Kesehatan Wanita

Perlu diingat untuk menghindari penggunaan sabun biasa karena terlalu keras untuk wajah Sahabat dan bisa menghilangkan kandungan minyak alaminya.

Jika habis beraktifitas di luar yang mengeluarkan banyak keringat dan juga banyak bersentuhan dengan debu dan kotoran, akan lebih baik membilas wajah Sahabat dengan air hangat. Air hangat akan membuat pori-pori membesar sehingga akan memudahkan dalam menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel di wajah.

membersihkan wajah
membersihkan wajah secara teratur. image credits: facebook.com

Selain itu Sahabat perlu mencuci wajah setelah berolahrga untuk menyingkirkan semua keringat, kotoran dan minyak yang mungkin tersumbat di pori-pori wajah Sahabat. Dan yang pasti, dengan berwudhu saat akan mengerjakan sholat juga membantu Sahabat untuk membersihkan wajah. Jika dipikir memang benar kan, mencuci muka lima kali sehari saat berwudhu tentu lebih baik dan bersih dibandingkan hanya mencuci wajah dua kali saat mandi saja.

3. Menjaga Kontak Langsung Dengan Wajah

Maksud dari menjaga kontak langsung dengan wajah adalah menjaga kontak tangan atau benda lainnya terlalu sering dengan wajah.

Seperti diketahui bahwa tangan kita banyak melakukan kontak atau menyentuh baik berupa manusia seperti bersalaman, atu kontak dengan benda-benda seperti peralatan tulis, makan, dan lainnya. Kita tidak bisa meyakini kalau semua barang-barang atau hal yang kita pegang itu bersih dari bakteri dan kuman. Dengan memegang wajah dengan sering akan meningkatkan kemungkinan wajah kita terkena kuman atau bakteri yang ada pada tangan kita. Oleh karena itu hendaklah kita mencuci atau membersihkan tangan sebelum mengusap wajah kita.

Saat mengusap atau mencuci wajah, hendaklah dilakukan dengan berhati-hati. Contohnya saat mengusap wajah dengan handuk setelah mencuci wajah, kegiatan tersebut hendaklah dilakukan dengan perlahan-lahan dan tidak terlalu keras pada wajah. Jika bisa maka tepuk-tepuklah wajah dengan pelan sehingga air yang ada di wajah bisa terserap oleh handuk. Dengan mengusap wajah secara pelan maka akan mengurangi resiko sel-sel wajah tergerus oleh handuk. Hal ini perlu diingat karena kulit wajah sangat sensitif.

4. Menjalankan Pola dan Gaya Hidup Sehat

Poin ketiga yang tidak kalah pentingnya dalam menjaga wajah Sahabat agar selalu sehat setiap hari dan tidak kusam adalah dengan menjaga pola dan gaya hidup sehat. Cara ini nantinya tidak hanya berpengaruh pada kesehatan wajah saja, tapi juga akan menjadikan tubuh dan badan Sahabat sehat secara keseluruhan. Apa saja faktor penting yang harus dilakukan dalam melakukan gaya hidup yang sehat ini? Inilah dia:

a. Meminum air putih yang cukup setiap hari

Air putih adalah salah satu asupan yang sangat penting bagi tubuh, karena prosentase kandungan air pada tubuh ideal adalah 60%-70%. Organ-organ tubuh seperti ginjal juga sangat membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan sempurna. Jika kandungan air pada tubuh dibawah 60% maka tubuh akan kering dan bisa menjadikan dehidrasi. Selain itu dapat merusak organ dalam tubuh sehingga Sahabat bisa jatuh sakit.

minum air putih 8 gelas sehari
minum air putih 8 gelas sehari. image credits: hipwee.com

Cara merawat wajah agar tidak kusam dan juga menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rajin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Minum air putih bukan hanya menghilangkan dehidrasi saja, melainkan melarutkan racun dari dalam tubuh. Manfaat air putih dalam perawatan wajah kusam adalah mampu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit.

b. Makan Makanan Yang bergizi

Selain minum minimal 8 gelas air putih setiap hari, asupan badan juga harus dijaga. Hal ini dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

makanan bergizi seimbang
makanan bergizi seimbang. image credits: internet

Sahabat dapat mencoba mengkonsumsi produk susu rendah lemak. Yogurt rendah lemak banyak mengandung vitamin A, zat yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Vitamin A juga mengandung asidofilus yaitu semacam bakteri “hidup” yang membantu menjaga kesehatan usus, yang bisa membantu kesehatan kulit.

Makanlah makanan yang banyak memiliki kandungan anti-oksidan seperti blackberry, stroberi dan plum. Hal ini akan mencegah dan melawan zat-zat racun yang terserap oleh tubuh sehingga racun-racun tersebut tidak mengakibatkan kerugian pada badan kita.

Selain itu juga mengkonsumsi makanan yang memberikan asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk kulit sehat seperti ikan salmon, kacang kenari dan biji rami. Asam lemak esensial meningkatkan kesehatan membran sel, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kulit yang sehat.

c. Kurangi Mengkonsumsi Junk Food

Seperti yang sudah diinformasikan di banyak media kesehatan bawa mengkonsumsi junk food sangatlah buruk untuk kesehatan. Hal ini karena dalam junk food banyak sekali kandungan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak seperti gula dan lemak. Selain itu zat-zat yang banyak diperlukan oleh tubuh malahan tidak ada dalam junk food ini. Hal ini mengakibatkan ketidakseimbangan asupan dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan zat yang masuk ke dalam tubuh.

hindari makan junk food
hindari makan junk food. image credits: junkfoodpolis.org

Apalagi gula dan lemak jenuh yang jika kandungannya dalam tubuh sangat tinggi dapat menyebabkan penyakit berat seperti diabetes, darah tinggi, penyumbatan pembuluh darah, dan kolesterol. Penyakit-penyakit tersebut adalah penyakit berat yang dampaknya tidak main-main. Oleh karena itu, walaupun Sahabat sangat tergoda saat melihat junk food yang bentuk dan penampakannya sangat membuat perut ingin menerimanya, ingatlah bahwa makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan. Sahabat lebih baik mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, serta lauk yang mengandung gizi seimbang. Hal itu jauh lebih baik bagi Sahabat.

d. Berolah raga Secara Rutin

Nah faktor yang satu ini juga banyak diremehkan oleh Sahabat-sahabat semua. Daripada capek berolahraga mendingan bersantai di rumah atau tempat lain atau bermain game dengan teman-teman. Apakah ada yang seperti itu? Jika ada, akan lebih baik untuk mengubah kebiasaan dengan melakukan olah raga secara teratur.

Dengan rutin melakukan olah raga, bukan cuma membuat tubuh menjadi lebih sehat, melakukan olahraga juga berpengaruh pada kesehatan kulit Sahabat. Disaat berolahraga, kelenjar keringat banyak memproduksi keringat dari pori-pori kulit. Nah, keringat tersebut membuat kotoran-kotoran yang terkunci di dalam pori-pori ikut terdorong keluar, sehingga pori-pori kembali bersih. Selain itu, sirkulasi oksigen yang lebih lancar saat berolahraga membuat kulit di tubuh juga wajah lebih cerah dan merona.

e. Waspadai Polusi

Untuk Sahabat yang pekerjaannya membutuhkan banyak keluar dari ruangan dan berkeliling seperti berkunjung ke rekan bisnis, ketemu dengan calon client dan yang semisalnya, hal ini akan lebih berpotensi untuk terpapar polusi dari udara sekeliling.

polusi udara di jalan raya
polusi udara di jalan raya. image credits: merdeka.com

Untuk menjaga kesehatan wajah agar sehat dan berseri setiap hari maka wajib hukumnya untuk melakukan perawatan yang rutin terhadap wajah agar terbebas dari pengaruh polusi udara. Untuk itu lakukan perawatan dan pembersihan minumal dua kali sehari yaitu pada saat pagi hari dan malam hari saat akan tidur.

5. Hindari Stress

Faktor stress juga dapat mempengaruhi kesehatan wajah dan badan lho Sahabat! Biasanya orang yang sedang stress akan lebih tidak menjaga pola hidup sehat dan lebih malas dalam melakukan kegiatan perawatan wajah. Selain itu saat stress akan keluar hormon yang memacu sel-sel kulit untuk lebih cepat tua sehingga kulit terlihat kusam dan tidak segar.

hindari stress
hindari stress. image credits: mindful-muslimah.org

Nah cara menghindari stress ini ada bermacam-macam, biasanya saat Sahabat melakukan kegiatan yang disenangi, hal ini dapat menurunkan tingkat stress. Kegiatan yang biasanya banyak dipilih untuk mengurangi stress antara lain dengan membaca buku komik atau buku-buku bacaan ringan, menonton televisi atau film, berkunjung ke rekan-rekan atau saudara, dan juga berwisata. Lakukanlah hal yang Sahabat senangi untuk menghilangkan stress. Namun harus diingat untuk tetap menjaga diri, jangan sampai melakukan hal-hal yang bersifat negatif yang dapat mengakibatkan kerugian dan penyesalan di kemudian hari.

Demikianlah sahabat Elfatica, 5 Tips Mudah Menjaga Wajah Agar Tetap Bersih dan Sehat Setiap Hari yang perlu diketahui dan bisa dipraktekkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here