Review Buku Minhajul Abidin – Pedoman Ahli Ibadah Menuju Rabbnya

Elfatica.com – Kitab atau buku Minhajul Abidin – Pedoman Ahli Ibadah Menuju Rabbnya merupakan sebuah kitab klasik yang berasal dari Timur Tengah. Sang penulis yaitu Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali merupakan seorang ulama besar pada zamannya, dan Badrudin Alawi sebagai pentahqiq buku ini.

Review Buku Minhajul Abidin – Pedoman Ahli Ibadah Menuju Rabbnya

Sesungguhnya jalan meniti kepada Allah dan surga-Nya dipenuhi dengan duri, banyak rintangan, penuh kesulitan, jalan panjang, besar hambatannya , dan banyak jebakan tersembunyi.

Rasulullah bersabda :

“Ingatlah bahwa (jalan menuju) surga itu dipenuhi dengan hal-hal yang dibenci dan (jalan menuju) neraka dipenuhi dengan hal-hal yang menyenangkan bagi syahwat” (HR. Muslim)

Waktu yang longgar sangat sedikit. Usia sangat pendek dan amal ibadah terbengkalai. Ajal telah dekat. Perjalanan sangat jauh. Bekalnya tiada lain kecuali ibadah. Tidak boleh tidak mesti beribadah. Bagaimanapun juga bila tertinggal tidak dapat diulang lagi.

Perkara ibadah telah kupikirkan baik-baik dan kuamati jalannya dari permulaan sampai ujung akhirnya, sampai kepada hasilnya yang dituju oleh penempuh ibadah itu siang malam. Maka nyatalah bahwa jalan ini sangat sulit, banyak pendakian-pendakiannya, jauh perjalanannya, berat ujiannya, banyak halangannya, dekat bahayanya, dan sedikit kawan yang menemaninya.

Memang demikian keadaannya, karena ibadah itu adalah jalan menuju surga!

Imam Al-Ghazali mengajak kita merenungi kembali hakikat ibadah dan berbagai tahapan yang harus ditempuh jika kita menginginkan kesempurnaan ibadah.

Ibadah adalah buah ilmu pengetahuan. Ibadah merupakan harta paling berharga yang dimiliki para kekasih Allah (auliya’), jalan yang digunakan orang bertakwa, harapan bagi orang yang ingin terangkat harkat dan martabatnya, impian bagi orang bertujuan luhur, semboyan yang selalu diperjuangkan orang-orang mulia, pekerjaan rutin kekasih-Nya, dan pilihan bagi mereka yang selalu menggunakan akal dan pikiran. Ibadah juga sarana menggapai kebahagiaan di dunia dan jalan menuju surga di akhirat.

Namun, jalan ibadah dipenuhi banyak hambatan dan tantangan. Kita perlu tahu apa saja yang dibutuhkan seorang hamba untuk bisa melewatinya. Buku ini menyuguhkan pengetahuan dan tindakan yang mencakup perbekalan, alat, dan strategi guna mengatasi kompleksitas kesulitan dalam mendaki jalan tersebut hingga kita selamat dan tidak terhenti di tengah jalan serta tidak termasuk orang yang rusak dan celaka. Sang Imam merangkainya dalam tujuh tahapan yang saling berkaitan dan melengkapi: tahapan ilmu dan makrifat, tobat, godaan-godaan ibadah, penghalang, pendorong, dan perusak ibadah, serta pujian dan syukur.

Inilah Minhaj Al-Abidin, karya terakhir Hujjatul Islam Al-Ghazali, yang merupakan salah satu buku petunjuk praktis fenomenal. Buku Minhajul Abidin ini merupakan karangan seorang ulama besar yaitu Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali. Dalam buku berjudul Minhajul Abidin ini beliau ingin membimbing kita, menunjukkan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan surga-Nya, yaitu melalui tujuh tahapan.

Spesifikasi Buku

buku minhajul abidin - al ghazali
buku minhajul abidin – al ghazali

Minhajul Abidin – Pedoman Ahli Ibadah Menuju Rabbnya
Cover : Hard Cover
Ukuran : 16 x 24,5 cm
Tebal : 341 Halaman
Berat : 561 Gram
Penulis : Imam Al-Ghazali
Pentahqiq : Badrudin Alawi
Penerbit : Pustaka Al Kautsar
Harga : 86.000 IDR

 

 

 

 

Demikianlah sahabat Elfatica review singkat dari buku ini, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Jika sahabat tertarik untuk membeli, silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di 081357839159 dan dapatkan diskon menarik.

error: Content is protected !!