Review Buku Amalan Sunnah Pemborong Pahala karya Herliawan Setiabudi

Elfatica.com – Amalan Sunnah Pemborong Pahala merupakan sebuah buku panduan ibadah yang ditulis oleh Herliawan Setiabudi. Buku ini banyak membahas tentang amalan-amalan sunnah sesuai dengan amalan yang Nabi Muhammad SAW lakukan, yang jika kita laksanakan secara rutin maka akan menjadikan amal pahala yang sangat besar.

Review Buku Amalan Sunnah Pemborong Pahala karya Herliawan Setiabudi

Kita pasti sudah mengetahui bahwa amalan ibadah terbagi menjadi dua pokok besar yaitu ibadah wajib dan ibadah sunnah. Ibadah dan amalan wajib ini harus kita laksanakan dan akan menjadikan pahala, namun jika kita tinggalkan maka akan menjadikan dosa bagi yang meninggalkannya. Setelah itu ada amal ibadah sunnah, yaitu amalan yang jika kita lakukan maka kita akan mendapatkan pahala, sedangkan jika kita tinggalkan maka kita tidak berdosa. Namun para ulama sangat menekankan kita sebagai umat Islam untuk melaksanakan amalan sunnah ini. Hal ini karena banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari amalan-amalan sunnah ini baik manfaat bagi kita pada waktu hidup di dunia maupun sebagai bekal pahala saat kita mati nanti.

Selain sebagai penyempurna ibadah, amalan sunnah juga bisa menjadi amalan pamungkas atau amalan yang kita tonjolkan. Amalan yang bisa kita jadikan sebagai andalan untuk meraih pahala dan kebaikan dari Allah Ta’ala.

Pada buku karya Herliawan Setiabudi ini terbagi menjadi 7 pokok sunnah yang sangat bermanfaat bagi kita yaitu:

  • Tilawah Qur’an – Menikmati Al-Qur’an
  • Dzikir – Basahi Bibir dengan Dzikir
  • Istighfar – Ampunan Allah Melangit Luas
  • Berdo’a – Mintalah, Aku Kabulkan
  • Shalawat Nabi – Senandung Cinta Buat Sang Nabi
  • Shalat Dhuha
  • Qiyyamul Lail
daftar isi amalan sunnah pemborong pahala
daftar isi amalan sunnah pemborong pahala

Dalam penjelasan dari berbagai ulama, tujuh sunnah yang di angkat dalam buku ini sebenarnya tergolong amalan ringan. Dalam artian ringan untuk kita jadikan sebagai penghias keseharian kita dan benar-benar menjadi akhlak.

Keutamaan Dalam Membaca Al-Qur’an

Banyak sekali dalil yang mengulas tentang keutamaan dari membaca Al-Qur’an, dan salah satunya yang masyhur adalah hadits nabi sebagai berikut: Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan Allah lipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih al-Jami’, no. 6469).

Dan juga dalam hadits berikut: Tamim ad-Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih al-Jami’, no. 6468).

Keutamaan Dalam Menegakkan Shalat Qiyamu Laila atau Shalat Malam

Shalat malam atau qiyamul lail juga merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat di tekankan karena banyaknya manfaat yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang melaksanakannya.

Dari Abu Said al-Khudri dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma mereka berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang bangun malam dan membangunkan istrinya kemudian mereka berdua melaksanakan shalat dua rakaat secara bersama, maka mereka berdua akan tergolong ke dalam lelaki-lelaki dan wanita-wanita yang banyak berzikir kepada Allah.” (HR. Abu Dawud no. 1309, Ibnu Majah no. 1335, dan dinyatakan shahih oleh al-Albani dalam al-Misykah: 1/390).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan, yang mana pada tiap ikatan tersebut dia meletakkan godaan, “Kamu mempunyai malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak.” Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan, jika dia berwudhu maka lepaslah tali yang lainnya, dan jika dia mendirikan shalat maka lepaslah seluruh tali ikatannya sehingga pada pagi harinya dia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. Namun bila dia tidak melakukan itu, maka pagi harinya jiwanya menjadi jelek dan menjadi malas beraktifitas.” (HR. al-Bukhari, no. 1142 dan Muslim, no.776).

Setelah membaca buku Amalan Sunnah Pemborong Pahala karya Herliawan Setiabudi ini semoga kita bisa mangamalkan amalan-amalan sunnah dengan penuh semangat dan dengan niat hanya karena Allah semata. Mari kita penuhin hari-hari kita dengan amalan yang mengundang pahala dan kasih saying Allah SWT.

Spesifikasi Buku Amalan Sunnah Pemborong Pahala

Amalan Sunnah Pemborong Pahala
Amalan Sunnah Pemborong Pahala

Amalan Sunnah Pemborong Pahala
Penulis: Herliawan Setiabudi
Penerbit: Pustaka Arafah
Ukuran: 14 cm x 20,5 cm
Cover: Soft Cover
Berat: 450 Gram
Tebal: 214 halaman

 

 

Jika sahabat Elfatica tertarik untuk memiliki buku ini, sahabat bisa membelinya di tampat kami. Silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di +62 813-5783-9159.

error: Content is protected !!