Tahukah Anda 6 Keutamaan dan Pahala Shalat Dhuha? Inilah Penjelasan Lengkapnya

0
325
ilustrasi shalat dhuha
ilustrasi shalat dhuha

Elfatica.com – Apakah Anda termasuk orang yang rajin melaksanakan sholat sunnah Dhuha harian? Jika iya, Alhamdulillah, banyak bersyukurlah karena Allah memberikan banyak keutamaan dan pahala bagi hamba-hamba-Nya yang rajin melaksanakan ibadah shalat sunnah Dhuha. Apa saja kira-kira keutamaan dari shalat Dhuha ini ya? Baiklah berikut ini kita ulas 6 Keutamaan dan Pahala dari Shalat Dhuha. Namun jika Anda masih belum mengetahui secara teknis shalat Dhuha dan bagaimana cara pelaksanaannya, Anda bisa membaca artikel kami tentang Inilah Shalat Dhuha dan Cara Pelaksanaannya.

6 Keutamaan dan Pahala Shalat Dhuha Yang Harus Anda Ketahui

Keutamaan-keutamaan dan pahala yang didapatkan oleh orang-orang yang mengerjakan shalat dhuha antara lain:

ilustrasi shalat dhuha
ilustrasi shalat dhuha. image: internet

1. Orang Yang Mengerjakan Shalat Dhuha Akan Diampuni Dosa-dosanya

Siapa sih yang tidak ingin dosanya diampuni dan dihapus oleh Allah SWT? Tentu saja kita semua menginginkan Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita. Mengerjakan shalat dhuha ini dapat menjadi salah satu sebab Allah SWT mengampuni dosa-dosa hamba-Nya walaupun sebanyak buih di lautan. Hal ini sebagaimana hadits berikut:

“Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan,” (HR. Tirmidzi).

2. Dimasukkan ke Dalam Golongan Hamba-Nya Yang Bertaubat

Keutamaan yang kedua dari mengerjakan shalat sunnah dhuha adalah ia akan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang bertaubat. Hal ini sebagaimana hadits berikut:

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat,” (HR. Hakim).

3. Dicatat Sebagai Ahli Ibadah dan Taat Kepada Allah

Ahli ibadah adalah sebutan bagi orang-orang yang selalu menyediakan waktunya untuk beribadah kepada Allah, dan Allah SWT sangat mencintai para ahli ibadah. Salah satu keutamaan dari mengerjakan shalat dhuha adalah akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana hadits berikut:

“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya,” (HR. At-Thabrani).

4. Akan Dimasukkan ke Dalam Surga Melalui Pintu Dhuha

Jika Allah SWT menciptakan sebuah pintu yang khusus untuk dilewati oleh para hamba-Nya yang istiqomah dan rutin mengerjakan shalat dhuha, maka tentunya ibadah shalat dhuha ini derajatnya sangat tinggi di sisi Allah. Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala,” (HR. At-Thabrani).

5. Allah SWT Akan Mencukupkan Rezekinya

Keuntungan yang lain dari mengerjakan shalat dhuha secara rutin dan istiqomah adalah Allah SWT akan mencukupkan rezekinya. Hal ini sebagaimana hadits berikut:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu,” (HR. Abu Darda`).

6. Orang Yang Mengerjakan Shalat Dhuha Berarti Telah Mengeluarkan Sedekah

Melaksanakan shalat sunnah dhuha berarti telah mengeluarkan sedekah dari setiap ruas tubuhnya. Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha,” (HR Muslim).

Demikianlah keutamaan-keutamaan dan pahala dari orang-orang yang rajin dan rutin dalam melaksanakan shalat sunnah dhuha. Semoga dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, Amiin…

Dirangkum dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here