7. Memohon Surga dan Taubat – Seri Amalan Yang Mengantarkan Masuk Surga

0
408
bertaubat kepada Allah
bertaubat kepada Allah

Elfatica.com – Memohon Surga dan Taubat, Amalan yang mengantarkan masuk surga. Hai Sahabat Elfatifa, setelah beberapa saat beristirahat dari mengupdate artikel, maka saatnya kembali kami share artikel-artikel menarik yang insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Untuk kali ini akan kami lanjutkan share tentang amalan yang mengantarkan masuk surga yaitu memohon surga kepada Allah SWT dan bertaubat kepada Allah. Artikel ini juga sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang Berdzikir Kepada Allah sebagai salah satu amalan yang akan membawa kita masuk ke dalam Surga.

1. Memohon Dimasukkan ke Dalam Surga kepada Allah SWT

Berikutnya, salah satu amalan yang dapat membawa kita ke dalam surga adalah dengan memohon untuk dimasukkan ke dalam Surga kepada Allah SWT, Sang Pemilik Surga. Allah SWT adalah Dzat yang Maha Mengabulkan segala permintaan dan doa dari hamba-Nya. Apabila Allah SWT mendengar salahs eorang hamba-Nya memohon suatu permintaan maka Allah akan mengabulkannya. Hal ini berlaku juga untuk permohonan untuk dimasukkan ke dalam Surga-Nya.

berdoa dan memohon dimasukkan ke dalam Surga
berdoa dan memohon dimasukkan ke dalam Surga. credits: republika

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi berikut ini:

Dari Anas RA, ia berkata bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang memohon Surga kepada Allah SWT sebanyak tiga kali, niscaya Surga akan berdoa: ‘Ya Allah, masukanlah ia ke dalam Surga.’ Dan barangsiapa yang memohon agar dijauhkan dari api Neraka sebanyak tiga kali, niscaya Neraka akan berdoa: ‘Ya Allah, jauhkanlah dirinya dari Neraka.’” (Hadits Riwayat At-Tirmidzi dalam Jami-nya (IV/603, no. 2572), dan an-Nasa’i di Sunan-nya (VIII/279), Ibnu Majah dalam Sunan-nya (II/1453, no. 4340), al-Hakim dalam al-Mustadrak (I/534-535).

Oleh karena itu hendaklah kita sebagai hamba-Nya yang beriman dan bertakwa serta meyakini akan keberadaan Surga dan Neraka, maka sudah kewajiban kita untuk selalu beramal ibadah dan berdoa kepada-Nya untuk dimasukkan ke dalam Surga-Nya.

2. Bertaubat Kepada Allah SWT

Bertaubat adalah salah satu hal yang paling dicintai Allah SWT dari para hamba-Nya. Oleh karena itu, bertaubat mempunyai nilai yang tinggi dalam mendapatka Surga-Nya, karena taubat dapat mengapus kesalahan-kesalahan dan dosa yang telah diperbuat di masa yang lalu.

bertaubat kepada Allah
bertaubat kepada Allah. image credits: islampos

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

a. Allah berfirman: “Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka itu akan masuk ke dalam Surga dan tidak dizalimi (dirugikan) sedikit pun.” (QS. Maryam [19]:60).

b. Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Rabb kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam Surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim [66]:8).

Demikianlah sahabat Elfatica, dua amalan yang dapat membawa pelakunya kepada keridhaan Allah SWT dan akan membawanya ke dalam Surga. Semoga kita termasuk ke dalam golongan hamba-hamba-Nya yang dimasukkan ke dalam Surga-Nya, Aamiin…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here