Sifat Orang-orang yang Khusyu’

Sifat Orang-orang yang Khusyu’

orang yang khusyuk

Beberapa Sifat Orang-orang yang Khusyu’

  1. Takut kepada Allah

Allah menyifati orang-orang yang khusyu’ dengan adanya rasa takut kepada Allah. Hanya dengan mengingat nama Allah, maka rasa takut bergetar dalam hati mereka. Hal itu terjadi karena kekuatan iman mereka, dan karena mereka menjaga (perintah-perintah) Rabb mereka, seolah-olah mereka berada di hadapan-Nya.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka…” QS Al Anfaal: 2

  1. Menangis karena Takut kepada Allah
  2. Bersabar terhadap apa yang menimpa mereka
  3. Mendirikan Shalat
  4. Mengeluarkan Zakat
  5. Mengagungkan syiar-syiar Allah dan ayat-ayatNya

Mengagungkan syiar-syiar Allah memiliki konsekuensi untuk tidak menjamahnya dengan perlakuan yang buruk atau mendekatinya dengan kezhaliman. Dan hal itu ialah timbul dari ketakwaan dalam hati. Sebab, takwa ialah tujuan peribadatan seluruhnya. Tidak ada yang mengagungkan syiar-syiar Allah kecuali orang yang khusyu’ kepada-Nya.

orang yang khusyuk

orang yang khusyuk

Ia tidak melangkahkan satu langkah pun dalam kehidupannya dan tidak bergerak dengan satu gerakan pun, baik pada waktu siang maupun malam harinya, kecuali ia dalam keadaan mempertimbangkan kepada Allah dalam gerakan itu. Karena sesungguhnya walaupun dia tidak melihatNya, tapi Allah melihatnya. Lalu hatinya bergetar dengan ketakwaan kepada-Nya, dan memandang kepada wajah-Nya serta keridhaan-Nya.

  1. Beriman kepada Allah dan Kitab-Nya.
  2. Yakin terhadap Perjumpaan dengan Allah dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.

Yakin kepada perjumpaan dengan Allah dan bersandar kepada-Nya semata dalam segala urusan adalah sandaran bagi ketakwaan dan kekhusyu’an. Karena ia adalah standar timbangan yang lurus bagi berbagai nilai; nilai-nilai dunia dan nilai-nilai akhirat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!
Have no product in the cart!
0