Kenalan Dengan Kitab Minhajul Muslim dan Penulisnya Yuk!

0
215
buku minhajul muslim pedoman hidup harian seorang muslim2
buku minhajul muslim pedoman hidup harian seorang muslim2

Elfatica.com – Apakah Sahabat mengetahui apa itu kitab Minhajul Muslim? Dan mengapa banyak sekali ulama, ustadz dan kyai yang merekomendasikan kitab ini untuk kita pelajari? Nah dalam artikel ini kita mencoba mengupas apa itu kitab yang fenomenal dan terkenal ini agar Sahabat semua mengerti dan penasaran untuk mempelajarinya.

adv

Apa Itu Kitab Minhajul Muslim dan Siapa Penulisnya?

1. Tentang Penulis Kitab Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Al-Jazairi

Kitab Minhajul Muslim merupakan sebuah buku karya dari Syaikh Al-Allamah Abu Bakar Jabir al-Jazairi rahimahullah. Nama asli beliau adalah Jabir dan ayah beliau adalah Musa bin Abdul Qadir bin Jabir, dan kunyah (nama panggilan) beliau adalah Abu Bakar. Dan al-Jaza’iri adalah nisbah ke negara dimana beliau dilahirkan yaitu Al-Jazair.

Syaikh Abu Bakar adalah seorang Syaikh, ‘Alim, ahli tafsir, dan seorang dai yang mempunyai ilmu agama yang luas dan banyak berkontribusi kepada agama Allah. Kontribusi beliau dalam berdakwah dan pendidikan Islam sangatlah banyak. Beliau juga memiliki andil yang besar dalam penulisan karya tulis islami dan juga ceramah-ceramah. Dan Syaikh Al-Jaza’iri yaitu panggilan akrab beliau, juga telah banyak melakukan kunjungan ke berbagai negara dengan tujuan untuk menyebarkan dakwah islam dan ishlah. Beliau adalah seorang yang fashih, dan ilmunya sangat luas.

Syaikh Abu Bakar al-Jazairi rahimahullah lahir di daerah Lira yang berada di Al-Jaza’ir bagian selatan  pada tahun 1342 H / 1921 M. Beliau memulai belajarnya yang pertama kali dinegerinya sendiri yaitu menghafal al-Qur’an, belajar beberapa pelajaran dasar tentang bahasa Arab dan Fiqh dalam madzhab Maliki. Kemudian beliau pindah dari Lira ke daerah Biskra. Di Lira beliau belajar berbagai ilmu kepada sejumlah besar uama dan Masyaikh. Setelah itu beliau kemudian mengajar di sebuah sekolah disana.

Syaikh Abu Bakar al-Jazairi rahimahullah kemudian berpindah lagi dari Biskra ke Madinah al-Munawwarah Saudi Arabia bersama keluarganya. Di Madinah beliau berusaha menyempurnakan belajarnya tentang ilmu syar’i dengan cara menghadiri halaqah-halaqah ilmiyah para Ulama senior dan para Masyaikh. Setelah Syaikh mendapatkan ‘Ijazah’ atau izin memberikan pengajaran dari Pimpinan Qadhi Makkah al-Mukarramah, Syaikh Al-Jaza’iri rahimahullah kemudian mengajar di Masjid Nabawi. Di masjid tersebut beliau memiliki halaqah khusus dibawah bimbingan beliau, dan disana beliau mengajar tafsir ayat-ayat al-qur’an, hadits dan juga ilmu lainnya.

2. Aktifitas Beliau

Syaikh abu Bakar al-Jaza’iri rahimahullah mempunyai kesibukan dakwah dan berbagai kegiatan ilmiyah, diantara yaitu beliau sebagai dosen dibeberapa madrasah dibawah Departemen Pendidikan. Demikian pula beliau dikenl sebagai salah satu pengajar di Ma’had Darul Hadits di Madinah al-Munawwarah.

Beliau adalah termasuk salah satu dari dosen-dosen generasi pertama yang mengajar di Jami’ah Islamiyah (Universitas Islam Madinah) ketika telah dibuka yaitu tahun 1380 H, dan beliau tetap mengajar disana hingga masa pensiunnya tahun 1406 H.

Beliau juga banyak melakukan kunjungan dakwah ke berbagai negara, mengisi kajian-kajian agama dan memberikan nasihat, memberikan ceramah-ceramah umum, risalah-risalah ilmiyah.  Melihat pembawaan beliau yang lemah lembut dalam memberikan penjelasan dan menafsirkan ayat-ayat serta hadits-hadits nabi shallallahu ‘alaihi wasallam maka banyak dari para penuntut ilmu dan mahasiswa yang mengelilingi dan menyertai beliau untuk mendapatkan ilmu darinya.

3. Karya Tulis Beliau

Diantara karya tulis Syaikh Abu Bakar al-Jaza’iri adalah:

  • Rasa’il al-Jaza’iri (mencakup 23 risalah yang membahas tentang Islam dan Dakwah)
  • Minhajul Muslim (kitab tentang aqidah, adab, akhlak, ibadah, dan mu’amalat)
  • Aqidatul Mu’min (memuat dasar-dasar aqidah seorang mukmin)
  • Aisarut Tafasir li Kalamil ‘Aliyil Kabir (kitab tafsir al-Quran yang sangat bagus bagi para pelajar)
  • Al-Mar’ah al-Muslimah
  • Ad-Daulah al-Islamiyah
  • Adh-Dharuriyyat al-Fiqhiyyah (yaitu risalah dalam fiqh Maliki)
  • Hadza al-Habib Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam –Ya Muhibb fis Sirah (kitab tentang sirah nabi shallallahu ‘alaihi wasallam)
  • Kamalul Ummah fi Shalahi Aqidatiha
  • Ha’ula’ Hum al-Yahuud
  • At-Tashawwuf Ya ‘Ibadallah

4. Kitab Minhajul Muslim dan Sebab Ditulisnya

Kitab Minhajul Muslim merupakan sebuah kitab berisi tentang pedoman atau aturan yang mencakup segala sesuatu yang berkenaan dengan seorang Muslim yang shalih, mulai dari masalah Aqidahnya, Adabnya, Keistiqomahan Akhlaknya, Ibadahnya kepada Allah dan Mu’amalahnya dengan sesama saudaranya.

Dalam sebuah kesempatan Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi rahimahullah menceritakan sebab ditulisnya kitab Minhajul Muslim sebagai berikut:

“Beberapa saudara seiman yang shalih yang berasal dari kota Wujdah di Maroko, ketika saya berkunjung ke negeri Islam tersebut (yakni Maroko), mereka meminta kepada saya untuk menyusun sebuah buku sesuai dengan seruan saya kepada mereka agar kembali kepada al-Quran dan as-Sunnah, berpegang teguh kepada keduanya, karena keduanyalah jalan keselamatan bagi kaum Muslimin dan merupakan sumber kekuatan dan kebaikan bagi mereka sepanjang zaman dan disetiap tempat.

Mereka meminta kepada saya agar menyusun sebuah karya untuk kelompok manusia yang beriman disana, sebuah karya yang bisa disebut sebagai pedoman atau aturan yang mencakup segala sesuatu yang berkenaan dengan seorang Muslim yang shalih, mulai dari masalah Aqidahnya, Adabnya, Keistiqomahan Akhlaknya, Ibadahnya kepada Allah dan Mu’amalahnya dengan sesama saudaranya. Karya atau kitab tersebut merupakan seberkas cahaya dari Kitabullah (al-Quran) dan secercah cahaya dari Sunnah Rasululah Shallallahu’alaihi wa sallam. Kitab dimaksud tidak keluar dari ruang lingkup al-Quran dan as-Sunnah dan tidak melebihi batasan nya dan tidak pernah terpisahkan dari sumber cahayanya dalam keadaan bagaimana pun.

Maka saya memenuhi permintaan saudara – saudara yang shalih itu dengan meminta pertolonagn kepada Allah Subhanahu wa ta’ala didalam menyusun kitab yang di dambakan atau sebuah pedoman yang di inginkan. Maka sekembali saya dari sana (Maroko) ke tanah suci (Madinah), saya pun memulai menghimpun dan menulis, meneliti dan menghimpun disela – sela kesibukan yang ada.

Sungguh Allah telah memberkahi waktu-waktu sempit mingguan yang saya ambil dari sela-sela waktu yang penuh dengan berbagai kesibukan, sehingga dalam waktu dua tahun (2 tahun) lamanya kitab ini telah rampung sebagaimana saya harapkan dan dalam bentuk yang di inginkan oleh saudara-saudara seiman.”

Berkenaan dengan kedudukan kitab ini, Syaikh al-Jazai’ri rahimahullah menyatakan sebagai berikut:

“Inilah kitab yang disajikan untuk kaum shalihin dari kaum Muslimin dimana saja mereka berada. Suatu kitab (karya tulis) yang seandainya bukan saya penulisnya, niscaya saya jelaskan keistimewaan nya sehingga nilainya makin tampak dan keinginan untuk membacanya semakin tinggi (banyak). Akan tetapi cukuplah bagi saya apa yang saya yakini bahwa “Kitab ini adalah kitab panduan seorang Muslim yang tidak layak kalau di rumahnya tidak ada kitab ini”.

Selanjutnya Syaikh menjelaskan tentang isi kitab yang beliau tulis ini. Kata beliau :

“Kitab ini terdiri dari lima Bab besar, setiap bab mempunyai beberapa pasal, dan setiap pasal terutama pada dua pasal dalam bab Ibadah dan Mu’amalah ada beberapa materi yang agak panjang pembahasan nya, namun ada pula yang singkat.

Bab Pertama adalah uraian tentang masalah aqidah. Bab kedua uraian tentang Adab. Bab ketiga tentang Akhlak. Bab keempat uraian tentang ibadah dan Bab kelima tentang Mu’amalah.

Dengan demikian kitab ini mencakup seluruh dasar – dasar syariat islam dan cabang nya. Maka dari itu, benarlah kalau saya beri nama “MINHAJUL MUSLIM” dan saya mengajak kepada segenap saudara kaum Muslimin untuk memilikinya dan mengamalkan apa yang terdapat didalamnya.”

5. Kitab Minhajul Muslim Terjemahan Bahasa Indonesia

Di negeri Indonesia tercinta ini alhamdulillah sudah banyak penerbit buku-buku Islam yang menerjemahkan dan menerbitkan Kembali buku Minhajul Muslim ini dalam Bahasa Indonesia. Berikut ini beberapa versi buku Minhajul Muslim yang dapat Sahabat dapatkan:

  • Kitab Minhajul Muslim – Panduan Hidup Menjadi Muslim Kaffah Terbitan Pustaka Al-Kautsar
minhajul muslim al kautsar
minhajul muslim al kautsar

Buku Minhajul Muslim
Penulis : Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi
ISBN : 9789795926979
Cover : Hard Cover
Halaman : 884 Halaman
Berat : 1200 gr
Ukuran : 16 x 24,5 cm
DISCONTINUE

Buku ini merupakan panduan lengkap baru setiap Muslim supaya dapat mengamalkan ajaran Islam secara kaffah. Terdiri dari lima bagian, yaitu akidah, adab, akhlak, ibadah dan muamalat sehingga menghimpun semua ushul (pokok) dan furu’; (cabang) syariat Islam. Setiap pokok pembahasan disertai dengan dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga validitasnya tidak diragukan lagi. Klik Sini Untuk ke Halaman Produk

  • Kitab Minhajul Muslim – Konsep Hidup Ideal Dalam Islam terbitan Pustaka Darul Haq

Buku Minhajul Muslim
Penulis: Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri
Penerbit: Darul Haq
Format buku: Hardcover
Tebal buku: 1196 halaman
Ukuran buku: 16 x 24.5 cm
Berat buku + packing: +/- 2000 gram
Harga: Rp. 160.000,-

Buku ini merupakan satu dari sedikit karya tulis dalam bentuk ringkas yang menggambarkan ajaran Islam secara menyeluruh. Ditulis oleh seorang ulama besar yang tinggal di kota Madinah Saudi Arabia yang aktif memberikan kajian-kajian dan ceramah-ceramah ilmiah di Masjid Nabawi. Klik di Sini Untuk ke Halaman Produk

  • Kitab Minhajul Muslim – Panduan Hidup Muslim Kaffah terbitan Pustaka Arafah
minhajul muslim panduan hidup seorang muslim pustaka arafah
minhajul muslim panduan hidup seorang muslim pustaka arafah

Buku Minhajul Muslim
Penulis: Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri
Penerbit: Pustaka Arafah
Format buku: Hardcover
Tebal buku: 834 halaman
Ukuran buku: 18 x 24.5 cm
Berat buku + packing: +/- 1.5 kg
Harga: Rp. 130.000,-

Buku Minhajul Muslim ini adalah salah satu buku rujukan yang lengkap dan sistematis. Buku ini dikemas dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Karena begitu populernya buku ini, sehingga tidak heran jika buku ini telah dicetak berulang kali dalam edisi aslinya maupun terjemahan dan tersebar luas di banyak negara. Klik di Sini Untuk ke Halaman Produk

  • Kitab Munhajul Muslim – Pedoman Hidup Harian Seorang Muslim terbitan Ummul Qura
buku minhajul muslim pedoman hidup harian seorang muslim2
buku minhajul muslim pedoman hidup harian seorang muslim2

Buku Minhajul Muslim Pedoman Hidup Harian Seorang Muslim
Penulis: Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri
Penerbit: Ummul Qura
Format buku: Hardcover
Tebal buku: 1.032 halaman
Ukuran buku: 17 x 24 cm
Berat buku + packing: +/- 1.7 kg
Harga: Rp. 160.000,-

Pada buku ini penulis mengemasnya secara sistematis dengan gaya bahasa yang menarik sehingga pembaca akan lebih mudah memahami. Sehingga kita umat Islam dapat menjadikannya sebagai pegangan oleh individu, keluarga , dan lembaga;di mana pun, kapan pun dan siapa pun. Berbagai permasalahan pokok meliputi akhidah, adab, ibadah, akhlak dan muamalah diuraikan secara jelas dan pada, mengacu kepada dalil dalil yang akurat dan kuat. Sebab, penulis memiliki komitmen yang tinggi untuk mengikuti jejak salafush shalih. Klik di Sini Untuk ke Halaman Produk

Berita sebelumyaGebyar Flash Sale Buku Islam 24-30 Mei 2021
Berita berikutnyaReview Buku Komik Alfatih 1453 Karya Felix Siauw dan @MyoDauz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here