Inilah Setan Yang Bertugas Mengganggu di Dalam Rumah

0
66
setan yang mendiami rumah
ilustrasi setan yang mendiami rumah. image: nu.or.id

Elfatica.com Sebagai manusia yang diciptakan Allah SWT, kita di dunia mempunyai musuh abadi yang akan selalu mengganggu dan menjerumuskan kita. Siapakah dia? Ya dia adalah setan, yang diciptakan Allah SWT dari api yang menyala dan mempunyai sifat yang sombong dan takabur. Dia tidak pernah lepas dari manusia tapi kita sebagai manusia malah sering melupakannya. Dia selalu berusaha menjerumuskan anak Adam namun kita kurang mengenalnya. Kita jarang membicarakan musuh yang satu ini padahal dia lah yang paling bersemangat menghancurkan kita.

Para Ahli Tafsir menyebutkan bahwa Allah SWT menyebut kata Syaiton (dalam bentuk mufrod dan jama’) sebanyak 88 kali dalam Al-Qur’an. Dan kata iblis disebut sebanyak 11 kali. Allah selalu mengingatkan kita sebagai manusia karena Iblis adalah musuh Adam dan musuh seluruh keturunan Adam sampai hari kiamat.

Saat pertama permusuhan ini terjadi ketika Allah SWT menyuruh para malaikat untuk bersujud pada Adam, semua malaikat bersujud kecuali Iblis. Allah berfirman, “Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, kecuali Iblis. Ia enggan ikut bersama-sama para (malaikat) yang sujud itu.” (Al-Qur’an surat Al-Hijr ayat: 30-31).

setan yang mendiami rumah
ilustrasi setan yang mendiami rumah. image: nu.or.id

Semenjak itulah dimulai peperangan antara kebenaran dan kebatilan. Dan bagi setan, mereka membagi-bagi tugas di antara sesamanya yang semuanya bertujuan untuk memalingkan manusia dari jalan yang lurus, yang diridhai Allah SWT untuk menuju jalan kehancuran yaitu neraka yang menyala-nyala.

Setan Yang Bertugas Menggoda manusia di Rumah

Salah satu setan yang bertugas menggoda manusia ini ada yang bernama Dasim. Tugasnya adalah menggoda dan menjerumuskan manusia di dalam rumah agar celaka. Ia ada di setiap rumah.

Setan rumah yaitu Dasim ini memiliki tugas-tugas utama, yang mana kita harus mengetahui godaan dan provokasinya agar tidak terkecoh apalagi sampai terprovokasi oleh kerjaan hariannya. Nah apa saja tugas dari Dasim setan di dalam rumah ini?

  1. Memecah Keharmonisan Rumah Tangga

Memecah dan menghancurkan keharmonisan rumah tangga adalah tugas setan Dasim yang paling besar. Dia berusaha membuat suami-isteri menjadi tidak rukun, bertengkar, bahkan bercerai. Maka tidak mengherankan, pasangan yang sebelum nikah dan masih berpacaran dulunya rukun tenteram, namun justru setelah menikah malah banyak terjadi keributan. Karena memang itulah tugas Dasim, membuat orang senang berzina (berpacaran), tapi membuat pasangan suami isteri saling membenci.

Oleh karena itu, kita wajib untuk memohon perlindungan Allah SWT dari segala gangguan setan ini. Salah satunya adalah dengan merutinkan bacaan dzikir pagi dan petang, kita juga harus saling memahami, berprasangka baik dan berkomunikasi yang baik, serta selalu memohon petunjuk kepada Allah agar diberikan kehidupan yang baik, keluarga yang sakinah dan hidup penh berkah.

  1. Ikut Makan dan Minum pada Orang Yang Tidak Menyebut Nama Allah

Apakah Anda mengetahui pentingnya membaca basmallah saat sebelum makan dan minum? Salah satunya adalah untuk menjaga agar makanan dan minuman kita tidak dimakan oleh setan. Ya, setan akan ikut makan dan minum pada orang yang tidak membaca nama Allah atau mengucapkan basmallah saat sebelum makan dan minum. Selain itu setan juga akan ikut makan dan minum pada orang yang makan dengan menggunakan tangan kiri. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus membiasakan seluruh anggota keluarga kita untuk membaca basmallah sebelum makan dan minum, serta makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan. Bagaimana jika ternyata kita atau ada anggota keluarga kita yang kidal? Kidal bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk makan dengan tangan kanan, karena ada keberkahan dan ridha Allah SWT yang terkandung pada setiap perintah-Nya.

  1. Berdiam Pada Ruangan Kosong

Tugas ketiga Dasim adalah memasuki dan menghuni ruangan kosong di rumah. Jika ada kamar yang ditinggalkan penghuninya, maka Dasim akan menempati kasur tersebut, apalagi ruangan tersebut gelap, kotor dan berantakan, maka setan akan senang menghuni di dalamnya. Oleh karena itu jika ada ruang atau kamar yang kosong di rumah, sempatkan beberapa hari sekali untuk membersihkannya, membacakan ayat Al-Qur’an terutama ayat kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas masing-masing 3 kali. Atau bisa juga ruangan tersebut sering dipakai untuk sholat atau mengaji, insya Allah setan Dasim tidak akan betah tinggal disitu.

  1. Jangan Suka Memutar Musik di Rumah

Yang keempat adalah tentang musik. Janganlah suka memutar musik di dalam rumah karena musik sangat disukai setan untuk memalingkan manusia dari Allah SWT. Hal ini sesuai dengan dalil sebagai berikut:

Allah Ta’ala berfirman,

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.” (QS. Luqman [31]: 6)

Tentang maksud dari firman Allah Ta’ala (yang artinya) “perkataan yang tidak berguna” dalam ayat di atas, Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,

الْغِنَاءُ وَاللَّهِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، يُرَدِّدُهَا ثَلَاثَ مَرَّاتٍ

”Demi Allah yang tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia semata, (yang dimaksud dengan ‘perkataan yang tidak berguna’) adalah nyanyian.”

Beliau mengulangi sumpahnya tersebut sampai tiga kali. Demikian pula yang dikatakan oleh Ibnu ‘Abbas, Jabir, Ikrimah, Sa’id bin Jubair, Mujahid, Ma’khul, Amr bin Syu’aib, dan Ali bin Badzimah.

Demikianlah beberapa tugas dari setan yang mendiami rumah yang disebut Dasim. Semoga kita dapat istiqomah dalam melakukan hal-hal yang dapat mengusir gangguan setan dari rumah kita, dan selalu berlindung kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.

Sumber: internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here