Inilah 8 Tips Mudah dalam Menumbuhkan Minat Membaca

Inilah 8 Tips Mudah dalam Menumbuhkan Minat Membaca

tips menumbuhkan minat membaca buku

Elfatica.com – Minat untuk membaca memang terkadang datang dan hilang seiring dengan kondisi mood dan juga lingkungan kita. Ya memang minat kita dalam membaca semakin lama seakan semakin tergerus, dengan datangnya kecanggihan teknologi sekangan ini. Dengan perkembangan teknologi ini kita semakin dimanjakan dengan hadirnya konten-konten video online yang membuat kita lebih mudah dalam memahami suatu berita tanpa harus membaca.

Namun tahukah Anda bahwa di negara-negara maju, minat baca dari para penduduknya sangat tinggi? Mereka banyak yang bepergian dengan membawa sebuah buku bacaan, yang akan mereka buka saat sedang tidak ada aktifitas lain yang sedang dikerjakan. Pada tahun 2010 yang lalumelalui sebuah survey menyebutkan bahwa Indonesia memiliki nilai indeks membaca sekitar 0,001. Nilai tersebut artinya dari seribu orang Indonesia hanya ada satu orang saja yang memiliki minat baca sangat tinggi. Hal ini berbeda jauh dengan Amerika yang memiliki indeks membaca 0,45 dan Singapura yang memiliki indeks 0,55. Sementara Jepang memiliki indeks 17 koma sekian. Berdasarkan survei UNESO, budaya baca masyarakat Indonesia berada di urutan 38 dari 39 negara yang paling rendah di kawasan ASEAN. Yaw ajar saja karena rata-rata kita akan lebih sibuk untuk memegang gadget dan memainkannya dibandingkan untuk membaca-baca berita ataupun konten yang lainnya.

8 Tips Mudah dalam Menumbuhkan Minat Membaca

tips menumbuhkan minat membaca buku

tips menumbuhkan minat membaca buku

Dengan minat baca yang sangat rendah tentunya bukan merupakan sinyal yang baik bagi kita, karena membaca merupakan salah satu kunci bagi kita dalam mengetahui dan belajar tentang suatu ilmu yang baru. Nah bagaimana cara meningkatkan minat dalam membaca tersebut? Berikut adalah 8 tips mudah dalam menumbuhkan minat membaca:

1. Menjadwalkan Waktu Khusus untuk Membaca

Awalan yang paling penting dalam menumbuhkan minat baca adalah dengan menyediakan waktu khusus untuk membaca sebuah buku. Tentunya waktu membaca ini bersifat feksibel sehingga dapat kita atur sesuai dengan wktu luang yang kita miliki. Anda dapat meluangkan sedikit saja waktu antara 10-15 menit untuk memulai membaca buku, dan dilakukan tiap hari. Nanti lama-lama Anda akan merasakan kesenangan mulai dapat menikmati dalam membaca buku sehingga akan bertambah lama dalam membacanya.

2. Membeli Buku Seminggu Sekali

Untuk menambah minat dalam membaca buku, Anda dapat berkunjung ke toko-toko buku di weekend dan membeli buku yang berkualitas disana. Selain itu Anda juga dapat membelinya di toko buku online seperti Elfatica Bookstore ini. Niatkan untuk membacanya setiap habis membeli buku serta mampunyai target waktu untuk menyelesaikan bacaannya. Jadi jangan rajin membeli bukunya saja namun tidak mau membacanya, kan saying nanti buku masih bersegel hanya menumpuk di rak buku atau bahkan menumpuk di Gudang.

3. Menunggu Sambil Membaca

Saat Anda sedang menunggu seseorang, menunggu kendaraan penjemput ataupun sedang menunggu dimana waktu terbuang maka akan saying jika tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu bawalah buku kemanapun Anda bepergian, maka pada saat menunggu tersebut Anda dapat menggunakan waktu untuk membaca buku.

4. List Buku Populer atau Rekomendasi

Ada buku-buku yang setelah kita beli ternyata tidak menarik saat dibaca. Hal itu membuat kita merasa malas untuk meneruskan membacanya. Hal itu dapat mempengaruhi kesukaan kita dalam membaca buku, sehingga akan lebih baik jika kita mempunyai daftar buku popular atau rekomendasi dari rekan, teman ataupun orang yang dikenal sehingga kita akan suka saat membacanya. Karena biasanya buku rekomendasi atau popular isinya memang menarik untuk dibaca.

5. Membaca Saat Beristirahat

Jika Anda adalah salah seorang yang mempunyai kesibukan dan sehari-hari penuh dengan aktifitas yang padat, salah satu waktu yang bagus untuk membaca adalah saat Anda sedang beristirahat. Walupun waktunya hanya sebentar namun dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita.

6. Membaca Sebelum Tidur

Ini juga dapat dilakukan terutama bagi Anda yang mempunyai penyakit susah tidur, karena biasanya orang yang susah tidur akan mudah untuk memejamkan mata jika membaca terlebih dahulu.

7. Belajar Membaca Yang Efektif

Ada sebuah cara dalam membaca buku yang efektif dimana hasilnya kita akan paham dengan kandungan isi bukunya, mebaca dengan cepat sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk membacanya. Nanti dalam artikel yang lain insya Allah akan saya coba ulas tentang Teknik membaca yang efektif ini.

8. Membuat Target Membaca

Apakah Anda mempunyai rencana dalam membaca? Rencana membaca adalah target atau daftar buku apa yang harus ditamatkan untuk dibaca pada minggu atau bulan ini. Dengan memiliki target membaca ini kita akan terpacu untuk menghabiskan buku sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya sehingga akan menumbuhkan minat membaca kita.

9. Bergabung di Komunitas

Bergabung di komunitas penyuka buku merupakan salah satu cara yang cukup ampuh bagi Anda yang masih belum mempunyai minat membaca. Nanti di dalam komunitas tersebut Anda akan menemukan banyak teman yang mempunyai kesukaan membaca buku, dan mereka biasanya mendiskusikan buku-buku yang sedang tren atau yang penting sehingga akan menumbuhkan minat membaca.

Demikianlah beberapa tips mudah dalam menumbuhkan minat membaca, semoga dapat menambah keinginan kita untuk membaca buku, terutama buku-buku yang bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!
Have no product in the cart!
0